oleh

Peduli Covid-19, RW 06 Sumbang 1 Unit Ambulance Untuk Warga Kel. Pasar Minggu

JAKARTA, channel-indonesia.com – Sebagai wujud kepedulian sosial terhadap penanganan warga yang terpapar Covid 19, RW 06 Kel Pasar Minggu menyumbang 1 unit ambulance gratis bagi warga Kel Pasar Minggu yang terpapar Covid 19 bagi lingkup 10 RW yang terdapat di Kelurahan Pasar Minggu.

Sumbangan ambulance di serahkan oleh donatur RW 06 Srimumpuni Sutrisno di serahkan pengelolaan nya kepada Tim Pemberdayaan Masyarakat (TPM) Kel Pasar Minggu yang merupakan wadah kolaborasi Forum RT RW dan LMK Kel Pasar Minggu. Bertempat di Mesjid Raya Baitussalam Palapa Pasar Minggu, Jumat (5/2).

Penyerahan dan launching perdana penggunaan ambulance diterima langsung Sairin Ketua TPM dari Srimumpuni Sutrisno di saksikan Camat Pasar Minggu, para penasihat dan pembina TPM, Sekretaris kelurahan Pasar Minggu, 3 Pilar, Ketua RT RW, LMK, Ketua DKM dan Pengurus Karang Taruna Kel. Pasar Minggu.

Pada acara yang sama lembaga khidmat PKS Jaksel turut membantu 1 unit ambulance juga untuk tujuan yang sama dan di serahkan Ketua DPD PKS Jaksel.

Dalam kesempatan tersebut, senada dengan Nurokhim ketua Pembina TPM, dalam sambutannya Camat Pasar Minggu menyambut baik gagasan dan mengucapkan terimakasih sebesar nya atas bantuan tersebut dalam membantu meringankan beban puskesmas dan warga warga di kel Pasar Minggu. Pihak kecamatan dan kelurahan membutuhkan dukungan sebanyak nya dari lapisan masyarakat dalam penanganan Covid 19 ini.

Kepada media channel-indonesia.com, Ketua RW 06 Erick Sitompul menyatakan bahwa, “Selama ini ambulance tersebut sudah cukup lama di sumbangkan oleh donatur dan di operasikan untuk keperluan warga RW 06 baik urusan mengantar warga sakit ke RS maupun untuk pemakaman, “ungkapnya.

Namun melihat begitu banyaknya kebutuhan warga di RW RW Kel Pasar Minggu yang terpapar Covid, baik yang telah terkonfirmasi positif maupun keluarga kontak erat yang membutuhkan pelayanan ambulance.

Baik itu untuk testing swab ke Puskesmas Kecamatan, maupun pasien terkonfirmasi positif covid 19 yang diantar ke RS rujukan Covid atau diantar ke puskesmas Kec untuk di teruskan Puskesmas ke Wisma Atlit.

“Pihaknya menginisiasi memperluas penggunaan ambulance di RW 06 tersebut untuk dapat di pakai oleh seluruh warga Kel Pasar Minggu yang membutuhkan. Terutama warga yang tidak mampu dan dalam keadaan emergency, “Erick menjelaskan.

Keterlambatan testing dan isolasi baik ke wisma atlit atau isolasi mandiri bagi warga yang positif ini salah satu yang menyebabkan semakin banyak anggota keluarga dan tetangga yang terpapar juga.

Erick juga berharap, ambulance ini agar dapat di kelola dengan sebaiknya dengan pelayanan yang profesional oleh TPM selama masa pandemi Covid 19 masih berlangsung.

Butuh kerja sama dan pengaturan penjadwalan yang tepat waktu antar petugas TPM dan RW RW untuk kepentingan warga dan semua pelayanan mesti menerapkan SOP sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19.

“Setiap kali selesai penggunaan ambulance, driver yang dilengkapi APD dan seluruh bagian dalam ambulance wajib di semprot dengan desinfectan yang ampuh agar ambulance tetap terjaga sterilisasi nya,” Pungkas Erick yang juga pembina TPM Kel. Pasar Minggu. (Arif)

Berita Terbaru