Tongkat Komando Pangkoarmada I Diserahterimakan

oleh -

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada I dari Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kepada Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., bertempat di Lapangan Apel Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (15/10/2019).

Secara bersamaan, juga diserahterimakan jabatan Pangkoarmada II dari Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., kepada Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., dan Pangkolinlamil dari Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., kepada Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.,

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa apabila kita cermati bersama dinamika perkembangan lingkungan strategis, maka dapat kita simpulkan bahwa tugas TNI Angkatan Laut ke depan sangat dipengaruhi oleh lingkungan strategis global, regional maupun nasional. Prediksi terhadap gangguan keamanan maritim baik di tingkat kawasan dan global yang akan selalu berubah dengan cepat, penuh dengan ketidak pastian, kompleks dan dapat mengecoh, menuntut kesiapsiagaan kita selaku komponen utama pertahanan negara di laut.

Sebagai konsekuensinya, bangsa ini tentunya membutuhkan Angkatan Laut yang profesional dan modern dalam mengamankan perairan yurisdiksi nasional. Untuk itu, TNI Angkatan Laut akan terus membangun kekuatannya, termasuk profesionalisme prajurit sesuai dengan komitmen pemerintah pada tema dirgahayu kemerdekaan republik indonesia ke-74 yaitu menciptakan “SDM Unggul Untuk Indonesia Maju”.

“Di dalam mendukung kepentingan nasional dan pencapaian pembangunan kekuatan Angkatan Laut diperlukan peran penting Koarmada dan Kolinlamil yaitu sebagai kotama pembinaan dan operasional tni angkatan laut. koarmada yang bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen ssat, kemampuan peperangan laut, serta kesiapan operasional guna melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang. sementara itu, komando lintas laut militer memiliki tugas untuk membina kemampuan sistem angkutan laut militer (anglamil) termasuk membina potensi angkutan laut nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara di laut serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis, baik dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang,” ujar Kasal.

Jabatan yang telah diserahterimakan ini merupakan jabatan-jabatan strategis di jajaran TNI Angkatan Laut. Penyerahan tongkat estafet kepemimpinan ini merupakan realisasi dari regenerasi di lingkungan TNI Angkatan Laut. Hal ini memiliki nilai dan arti strategis dalam proses pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan profesionalisme, baik secara organisasi maupun personel. Dengan demikian, rotasi jabatan pada tingkat eselon pimpinan kotama ini diharapkan akan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi peningkatan kinerja organisasi.

Kegiatan dihadiri oleh Wakasal, Para Pejabat Utama Mabesal, Ketua Umum dan Pengurus Pusat Jalasenastri, Para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Kabakamla, dan peserta upacara yang teridri dari 1 Pleton Satsik Denma Mabesal, 1 Pleton Perwira Menengah, 1 Pleton Perwira Pertama, 1 Pleton Kowal, 1 Pleton Pomal, 1 Pleton Bintara, 1 Pleton Tamtama, 1 Pleton Satkopaska Koarmada I, 1 Pleton Dislambair Koarmada I, 1 Pleton Satuan Udara Koarmada I, 1 Pleton Satuan Marinir Koarmada I, dan 1 Pleton PNS.(maliki)