Asah Pengetahuan Pelajar, Kodim 1207/BS Gelar WMBN

oleh -

PONTIANAK – Kodim 1207/Berdiri Sendiri menggelar Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) yang dibuka langsung oleh Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan diwakilkan Kasdim 1207/BS, Letkol Inf Wisnu Herlambang, yang diikuti perwakilan siswa-siswi dari sekolah SMA Koperasi, SMK Koperasi, SMK N 3, SMA N 3 dan Man 2 Pontianak sebanyak 50 orang, bertempat di Aula Makodim 1207/BS, Jalan Gusti Sulung Lelanang, Pontianak.

Wisata matematika bela negara merupakan permainan menambah ilmu pengetahuan dan kemampuan, dimana para siswa-siswi digali kemampuannya dalam berbagai persoalan dengan permainan matematika bela negara. Kegiatan tersebut dimulai dengan penyematan kepada perwakilan siswa-siswi oleh Kasdim 1207/BS sebagai tanda dibukanya Wisata Matematika Bela Negara.

Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan diwakilkan Kasdim 1207/BS, Letkol Inf Wisnu Herlambang dalam sambutanya mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut sebagai wahana untuk menjembatani kebutuhan dan kepentingan besar akan bela negara. Disamping itu, agar para generasi muda mempunyai semangat dan pengetahuan bela negara, menjadi salah satu program penguatan pendidikan karakter bagi sekolah.

“Oleh karena itu, perlu adanya upaya-upaya khusus di kalangan generasi muda terutama pelajar baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Hal ini perlu dilakukan agar semangat bela negara semakin kokoh ketika memasuki jenjang perguruan tinggi,” ujarnya.

Dikatakan juga, program wisata matematika bela negara adalah konsep baru yang kreatif dalam memperkenalkan bela negara pada generasi milenial, maka dari itu kegiatan ini akan dilaksanakan berkesinambungan,” jelasnya.

Diakhir sambutanya disampaikan kepada para peserta, mari kita buat suasana senang sehingga dengan bermodal senang maka akan timbul kecintaan, dengan rasa cinta maka dengan ikhlas akan menjaga yang kita cintai,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut materi yang diberikan meliputi materi dinamika kegiatan, berfikir Suprarasional, permainan matematika bela negara, PBB, games kelompok dan demonstrasi bongkar pasang senjata. (Maliki)