TNI AL Luncurkan Kapal Patroli Cepat KRI Cakalang-852

oleh -17 views
Notice: Trying to get property of non-object in /home/chanelid/public_html/wp-content/themes/majalahpro/template-parts/content-single.php on line 82

Banten, Channel Indonesia – Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Prasetya Nugraha didampingi oleh Heru Pramono selaku Direktur Utama PT. Caputra Mitra Sejati meresmikan launching Kapal Patroli Cepat (PC-43) dengan nama KRI Cakalang-852 ini ke laut di sekitar perairan Salira, Banten, Kamis (10/03).

Konstruksi kapal terbuat dari baja, sedangkan untuk konstruksi bangunan atas terbuat dari aluminium. Kapal ini merupakan hasil produksi di dalam negeri, yaitu buatan PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten.

Laksamana Prasetya Nugraha mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait dengan proses pembangunan Kapal Patroli Cepat 43 meter, diantaranya pihak galangan CMS, Komandan Satgas Letkol Laut (P) Teddy B.H serta jajaran Satgas yang telah mengawasi jalannya pembangunan kapal.

Asisten Logistik (Aslog) KSAL Laksamana Pertama TNI Mulyadi mengatakan bahwa pembangunan Kapal PC-43 ini merupakan tindak lanjut pengadaan Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dalam upaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut yang mengacu kepada kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju Minimum Essential Force (MEF).

KRI Cangkalang 852 n pejabatKapal perang baru ini TNI AL ini memiliki panjang (Loa) = 44,40 meter, lebar (B Max) = 7,40 meter dan tinggi tengah kapal (Dmld) = 3,40 meter. Kapal dengan bobot 230 ton ini dilengkapi mesin utama 3 x 1800 HP dengan putaran mesin 2300 RPM, kecepatan maksimum mencapai 24 Knot, kecepatan jelajah 17 Knot dan daya jangkau 1632 Nautical Mile (Mil Laut). Untuk persenjataan, KRI Cakalang-852 akan dilengkapi dengan senjata kaliber 30 milimeter (mm) buatan Oto Melara, Italia.

Kehadiran KRI Cakalang-852 ini menambah kekuatan TNI AL untuk mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Setelah peluncuran kapal, akan dilaksanakan Sea Trial, Commissioning Test dan Inclining Test di perairan Merak, Banten.

Kapal Patroli Cepat berukuran 43 meter yang telah dimiliki oleh TNI AL. Hingga saat ini, TNI AL sudah memiliki 4 (empat) Kapal Patroli Cepat ukuran 43 meter, yaitu KRI Pari-849, KRI Sembilang-850, KRI Sidat-851 dan KRI Cakalang-852. (AS)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *