Tips Menjaga Kulit Wajah agar Awet Muda

oleh -4 views

JAKARTA, channel-indonesia.com –  Tahukan Kamu? Merawat kesehatan kulit wajah itu penting. Pasalnya, kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling berisiko mengalami kerusakan. Hal itu disebabkan, hampir setiap hari terbalut oleh make up, terpapar sinar matahari dan polusi.

Kulit wajah memang sering mengalami banyak masalah, seperti jerawat, kusam, dan keriput. Masalah wajah keriput memang tak bisa dihindari, karena seiring berjalannya waktu kulit kita akan mengalami penuaan. Namun, jangan biarkan wajahmu mengeriput sebelum waktunya.

Ada 6 langkah jitu menjaga agar kulit wajah tetap kencang dan awet muda, yakni:

  1.  Cari tau apa faktor-faktor penyebab terjadinya kulit wajah keriput, dan cari cara untuk menghindari dan mengantisipasinya.

Beberapa faktor yang paling banyak menyebabkan pengeriputan pada kulit adalah paparan sinar matahari, asap rokok, minuman beralkohol, dan malas untuk membersihkan make up.

Untuk mengantisipasi paparan sinar UV, pakailah tabir surya kemanapun kamu pergi dan apapun cuacanya. Hindari asap rokok, karena bikin kulit kekurangan oksigen, merusak kolagen dan elastin dalam kulit.

Minuman beralkohol menyebabkan kulit dehidrasi, dan berdampak buruk bagi kadar vitamin A dalam kulit. Dimana vitamin A memiliki peran penting dalam memicu produksi kolagen.

  1. Manfaat olahraga memang tak bisa dipungkiri. Rutin berolahraga akan menjaminmu tampak awet muda.

Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh, sehingga suplai oksigen dan nutrisi lebih lancar, kulit jadi terjaga kesehatannya.

Rutin olahraga juga membuat metabolisme lebih baik. Keringat yang keluar setelah berolahraga juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak, sehingga kulit jadi lebih bersih dan cerah.

  1. Pakailah selalu moisturizer yang cocok untuk wajah, agar kulit wajah tidak kekeringan dan dehidrasi.

Moisturizer sangat berguna untuk menjaga kelembaban wajah.  Bila kulit wajah sering kekeringan, maka risiko keriput menjadi semakin besar. Gunakan pelembab setiap setelah mencuci wajah.

Tapi sebelum memakainya, pastikan kamu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu ya, ledis. Apabila wajahmu termasuk kulit yang berminyak, maka pakailah pelembab non-oil atau non-comedogenic agar tak mudah berjerawat.

  1. Lakukan pijat dan senam wajah agar otot wajah jadi lebih rileks, ini akan membuat kulit wajah jadi lebih kenyal dan kencang.

Pijat dan Senam wajah terbukti ampuh membuat kulit wajah jadi lebih berseri-seri dan dapat menunda proses penuaan. Memijat atau melakukan senam wajah akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Ketika otot bergerak, maka sirkulasi darah jadi lancar, sehingga wajah jadi tampak lebih segar, cerah dan ceria. Rutin melakukan kegiatan ini dapat membuat wajah jadi lebih kenyal dan kencang.

  1. Terapkan Pola Diet Sehat, karena dapat membantu proses peremajaan kulit wajah lebih cepat.

Diet tak melulu bertujuan untuk menurunkan berat badan lho. Mengkonsumsi makanan diet berkualitas tinggi juga berguna untuk memperbaiki kesehatan kulit. Diet di sini adalah mengontrol asupan makanan dengan makanan yang kaya akan serat, vitamin, protein dan nutrisi.

Pilihlah sayuran, buah-buahan, dan makanan lain yang mengandung protein, lemak dan omega 3 sebagai menu makanan utamamu. Bila kamu bisa menjaga asupan makan dan mengkonsumsi makanan sehat, maka efeknya adalah kulit jadi terlihat lebih sehat, segar dan awet muda.

  1. Buatlah jadwal minimal seminggu sekali untuk melakukan ritual masker wajah demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk masker wajah baiknya dilakukan sekali dalam seminggu. Dan, guna hasil yang lebih natural dan alami buatlah masker dari bahan-bahan alami yang bisa kamu coba di rumah. Diantaranya:

a. Putih telur dan lemon: Ambil putih telur, lalu beri 2 – 4 tetes perasan air lemon. Kocoklah hingga merata dan berbusa, lalu oleskan masker secara merata pada wajah. Putih telur berkhasiat mengencangkan kulit, sedangkan lemon dapat mencerahkan wajahmu.

b. Pisang: Masker pisang berguna untuk melembabkan kulit dan membuatnya jadi lebih kencang dan cerah. Hancurkan pisang hingga lembut, lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan air dingin.

c. Putih telur, yogurt dan gula: Kocok putih telur hingga berbusa, lalu campur yogurt dan gula dan campur hingga rata. Yogurt dikenal sebagai pemutih kulit alami. Rajin menggunakan masker yogurt dapat meratakan kulit belang dan menghilangkan noda jerawat.

d. Madu dan susu: Susu dapat mencerahkan kulit, dan madu berkhasiat untuk melembabkan kulit. Cara membuat maskernya sangat mudah. Campurkan 1 sdt madu dengan 5 sdt susu murni. Lebih bagus lagi bila ditambahkan beberapa tetes minyak vitamin E. Diamkan selama 10 menit dan bilas bersih wajahmu.

Nah Ladies, itu tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar kulit wajah tetap kencang dan awet muda. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk memberikan perawatan pada kulit wajah. Selama itu baik untuk kesehatan kulitmu. Selamat mencoba. (Yen)

 

Sumber: ledisia.com

Comments