Satgas Jala Gardapati 18 dan Tentara Laut Diraja Brunai Darussalam Bersih-bersih Pantai Meragang

oleh -22 views

SURABAYA,channel-indonesia.com– Kebersihan adalah sebagian dari pada iman, ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan kegiatan prajurit yang tergabung dalam Satgas Jala Gardapati 18 atau Port Visit 2018, menggelar acara bersih- bersih di Pantai Meragang Brunei Darussalam. Senin (10/12/2018).

Melibatkan 25 Prajurit KRI I Gusti Ngurah Rai- 332 dan KRI Bung Tomo- 357, beserta 25 prajurit TLDB ( Tentara Laut Diraja Brunei), kegiatan bersih-bersih pantai dilaksanakan di sepanjang 800 meter garis pantai Meragang. Dengan cara menyebar, para prajurit memungut sampah yang berserakan di sekitar pantai.

Adapun jenis sampah yang paling banyak ditemukan di pantai tersebut yakni sampah botol bekas air mineral, bungkus atau kemasan makanan, dan ranting kayu. Semua sampah berhasil dikumpulkan. Kegiatan bersih bersih pantai ini meski terlihat sederhana namun dampak dan manfaatnya sangat besar bagi kebersihan pantai, serta kenyamanan bagi para pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Terlebih saat ini masyarakat dunia sedang menggalakkan kampanye anti plastik, sebab sudah banyak menelan korban yakni hewan laut seperti ikan paus, dan kura-kura. Sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki perhatian terhadap keselamatan dan kelestarian lingkungan hidup khususnya di laut, maka TNI AL turut mengambil peran dalam upaya melestarikan ekosistem laut.

Keberadaan SatgasJala Gardapati 2018 di Brunei Darussalam , adalah bagian dari kunjungan TNI AL ke empat negara Asia Tenggara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Satgas Jala Gardapati 18 selain bertujuan sebagai tugas diplomasi TNI AL, juga untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara di bidang Angkatan Laut, serta upaya menjalin kerjasama untuk menjaga keamanan laut di wilayah regional.(Am)

Comments