Presiden Joko Widodo Lantik Doni Monardo Jadi Kepala BNPB

oleh -9 views
(Seskab RI)

Jakarta, channel-indonesia.com – Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melantik Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Dilansir Antara, pelantikan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional itu menjadi Kepala BNPB dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BNPB.

Surat Keputusan Presiden yang mulai berlaku sejak ditetapkan oleh Presiden pada 9 Januari 2019 itu mengangkat Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB dengan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri.

Usai pembacaan Kepres, Presiden Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB yang menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei ini.

“Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam,” tanya Presiden yang langsung dijawab Doni bersedia.

Selanjutnya Jokowi meminta mantan Danpampres era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengikuti dan mengulangi sumpah yang dibacakannya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden yang diikuti Doni Monardo.

Jokowi juga hendak menjelaskan polemik yang selama ini beredar terkait posisi BNPB. Jokowi memastikan lembaga ini akan tetap langsung di bawah presiden pascarevisi Perpres Nomor 8 Tahun 2008.

Doni memang masih menjadi TNI aktif meski sudah menjabat sebagai Kepala BNPB. Menurut UU TNI, Doni Monardo seharusnya harus mundur dari kesatuan TNI bila ingin dilantik menjadi Kepala BNPB. Namun kemudian Perpres itu direvisi Jokowi.

Revisi Perpres BNPB ini dirasa penting karena Indonesia dikelilingi cincin api (ring of fire). Lembaga ini perlu sebuah manajemen dan kepemimpinan yang kuat serta bisa dengan cepat berkoordinasi dengan pemerintah setempat setelah bencana ada.

“Membutuhkan sebuah kepemimpinan yang kuat untuk mengonsolidasi, koordinasi baik pemda, di pusat, di provinsi. Baik TNI, Pangdam, Kodam, Korem, dan kepolisian dalam rangka segera cepat dan respons terhadap bencana yang ada,” kata Jokowi.

Jokowi langsung memberi perintah kepada Doni Monardo untuk menyelesaikan rekonstruksi dan rehabilitasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Palu, Sulawesi Tengah.

Pelantikan Doni Monardo antara lain dihadiri Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Ketua Komisi Yudisial Ahmad Jaja Jayus, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.(Maliki)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *