Prabowo Tangkis Pernyataan Jokowi soal Kepemilikan Tanah di Kaltim dan Aceh

oleh -335 views
Debat kedua capres 2019.(Channel/Indonesia/Maliki)

JAKARTA, Channel-Indonesia – Ada hal yang tak diduga sebelumnya dalam debat capres 2019, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut calon presiden nomor urut 02 Prabowo punya lahan yang luas di Kalimantan dan Aceh.

Dikatakan Jokowi, tanah ini sudah dimiliki Prabowo sebelum dia menjabat.

“Saya tahu, Pak Prabowo miliki lahan yang sangat luas di Kaltim, sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah, 120 ribu hektare,” kata Jokowi dalam debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi mengatakan ini saat sesi tanya jawab tentang ketimpangan agraria. Jokowi ditanya soal komitmen dan strategi dalam menjalankan reformasi agraria.

Awalnya, Jokowi memaparkan, selama dua tahun belakangan ini, dia sudah melakukan pembagian konsensi tanah sebesar 2,6 juta hektare dari total 12,7 juta hektare yang disiapkan pemerintah. Pembagian ini ditujukan untuk masyarakat adat, petani dan nelayan.

Menanggapi serangan capres 01 ini, Prabowo justru mengakui bahwa dirinya memang mempunyai tanah tanah tersebut, namun hal ini semata hanya untuk menyelamatkan aset negara dari tangan asing.

“Saya juga minta izin, tadi disinggung soal tanah. Itu benar, tapi itu adalah HGU (hak guna usaha), itu adalah milik negara. Setiap saat negara bisa ambil sendiri. Untuk negara, saya siap beri. Tapi daripada lari ke asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis, saya patriot,” kata Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, saat debat kedua Pilpres 2019.

Sontak penjelasan Prabowo disambut tepuk tangan para pengunjung debat. Pernyataan Prabowo ini sekaligus pernyataan pamungkasnya sebelum acara ditutup. Selain klarifikasi ini, Prabowo juga memberikan apresiasi kinerja Jokowi selama empat tahun ini. (Maliki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *