Pangdam XIV Hasanuddin Berikan Kuliah Luar Mahasiswa Unismuh Makassar

oleh -20 views

MAKASSAR,channel-indonesia.com– Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si,memberikan kuliah luar kepada (Unismuh) Makassar bertempat di ruang Bina Yudha Makodam Jl. Urip Sumohardjo Makassar. Senin (17/12/2018).

Kuliah luar yang diikuti sebanyak 63 orang mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Tema yang diangkat “Pentingnya Pertahanan Negara”.

Turut dihadiri Kapok Ahli Pangdam Kolonel Inf Djambar Darmo, para Staf Ahli Pangdam dan para Asisten Kasdam XIV/Hasanuddin serta Dr. Arqam Asikin, M.Si Dosen Fisip Unismuh Makassar.

“Terima kasih atas kepercayaan Universitas Muhammadiyah kepada institusi Kodam XIV/Hasanuddin, untuk dapat berbagi ilmu dan pengetahuan melalui kuliah luar ini. Besar harapan kami, lulusan Unismuh ada yang menjadi TNI maupun Polri,” ungkap Pangdam

Pangdam mengingatkan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang hadir, bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup tinggi, sehingga berpotensi menarik perhatian dari banyak negara besar untuk berkeinginan menguasai Indonesia, demi kepentingan sendiri dengan berbagai macam cara.

Kondisi itu, sangat potensi berdampak terhadap timbulnya berbagai ancaman, baik secara militer maupun nirmiliter. Namun untuk mengatasinya, bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, akan tetapi juga menjadi tanggungjawab semua komponen, baik utama, cadangan maupun komponen pendukung.

Menyikapi hal itu, Pangdam mengajak para Mahasiswa sebagai generasi muda bangsa Indonesia, untuk menyadari dan kembali kepada nilai-nilai bela negara, yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara.

“Tugas adik-adik sebagai mahasiswa, belajar dengan tekun dan giat untuk mendapat prestasi dan mencapai cita-citanya. Selain itu, juga harus bijak dalam menggunakan media sosial serta waspada terhadap provokasi, hasutan dan pola rekruitmen baik di lingkungan masyarakat maupun dunia maya,” ucap Pangdam Hasanuddin.

“Jangan pernah saudara takut sama tentara, karena tentara juga manusia yang punya hati dan dilahirkan oleh rakyat, serta berjuang untuk rakyat dan pada akhirnya kembali ke rakyat,” tambah Pangdam sekaligus menutup materinya.

Dr. Aqram Asikin, M.Si selaku Dosen Fisip Unismuh, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Pangdam XIV/Hasanuddin, atas kesediaannya untuk memberikan materi kuliah luar.

“Materi yang disampaikan, sangat bermanfaat bagi kami dan mahasiswa sebagai pengetahuan dan pemahaman, karena penjelasannya sangat detail dan banyak memberikan informasi,” ungkap Aqram.(Am)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *