Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan

oleh -9 views
Notice: Trying to get property of non-object in /home/chanelid/public_html/wp-content/themes/majalahpro/template-parts/content-single.php on line 82

Channel Indonesia – Kenanga (Canangium Odoratum) adalah tanaman dengan bunga yang baunya sangat khas. Bunga kenanga sering dijadikan bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh di halaman rumah atau di tepi jalan.

Bunga kenanga yaitu bunga yang cukup cantik dengan warna putih kekuningan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai wewangian. Selain itu manfaat bunga kenanga yaitu sebagai sesajian untuk orang yang masih menganut agama Hindu.

Selain itu dalam di dunia bisnis terlebih usaha pewangi badan, bunga kenanga juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan campuran minyak wangi. hampir sama dengan jenis bunga yang lain seperti bunga mawar, bunga rosella, bunga pepaya serta bunga melati yang mempunyai kandungan zat sebagai salah satu bahan alami untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat bunga kenanga yang lain yaitu untuk pelengkap prosesi siraman untuk pengantin di tanah Jawa. Mereka biasa menggunakan bunga kenanga sebagai campuran air siraman yang akan dibasuhkan pada pengantin. Tetapi tahukah Anda apabila bunga kenanga ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan?.

Sebagian manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, terutama banyak zat gizi utama dalam bunga kenanga yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit, berikut adalah sebagian manfaat bunga kenanga.

Menyembuhkan Bronkitis
Untuk Anda yang sudah di vonis menderita penyakit bronkitis ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi bunga kenanga sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit bronkitis. Caranya yaitu sediakan 2 kuntum bunga kenanga, lalu direbus dengan 1 (satu) gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

Obat Sesak Napas
Bunga kenanga juga berkhasiat untuk mengobati sesak nafas karena asma maupun alergi. Caranya, ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih direbus dengan satu gelas air panas hingga tersisa setengah gelas. Saring airnya dan minum secara teratur tiap pagi dan sore hari.

Menyingkirkan Kudis
Untuk menyembuhkan penyakit kudis, selain dapat dengan memanfaatkan daun salam, bunga kenanga dapat juga menjadi alternatif herbal yang dapat Anda pakai. Caranya yaitu dengan menumbuk halus 1 (satu) tangkai bunga kenanga serta dicampurkan dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan, setelah dingin, usapkan campuran minyak goreng serta bunga kenanga di bagian yang terserang penyakit kudis dengan cara merata.

Menyembuhkan Malaria
Untuk mengobati malaria, ambil 3 (tiga) kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.

Mengatasi Batuk
Setelah beberapa manfaat bunga kenanga dibicarakan, pada poin 5 ini dibicarakan tentang manfaat bunga kenanga utk mengobati batuk. Batuk kering ataupun berdahak masa pengobatannya sangat lama, sekitar selama sebulan. Karenanya apabila anda tidak ingin terganggu aktifitas kesehariannya, Anda dapat menggunakan obat herbal bunga kenanga sebagai obat.

Caranya yaitu dengan merebus bunga kenanga serta menyaring sarinya untuk diminum. Cara pengobatan dengan bunga kenanga sangat mudah, terlebih lagi bunga kenanga yaitu bunga yang cukup mudah dibudidayakan atau ditemukan. Hingga Anda dapat menggunakan bunga kenanga sebagai apotek hidup untuk pekarangan rumah.

Manfaat bunga kenanga untuk mengatasi sebagian penyakit ringan, selain berfungsi sebagai wewangian, bunga kenanga juga mempunyai manfaat untuk kecantikan tubuh seperti untuk wajah, untuk kulit serta untuk jerawat. Tak perlu Anda mengkonsumsi obat-obat kimia, cukup hanya memanfaatkan apotek hidup seperti bunga kenanga akan membantu Anda dalam mengobati sebagian penyakit. Semoga bermanfaat. (Agung S)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *