KPU Segera Ganti Kotak Suara yang Rusak Gunakan Dana APBN

oleh -221 views
Gedung KPU. (Ist)

JAKARTA, Channel-Indonesia –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengganti ribuan kotak suara yang rusak akibat terkena air hujan, setelah mendapatkan laporan dari KPU Jabar soal jumlah kotak yang rusak.

Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner KPU Ilham Saputra kepada wartawan, kotak suara rusak akibat tergenang tersebut, kata Ilham, akan dipilah ulang, mana yang masih bisa dipakai dan dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Kotak suara di Cirebon itu memang rembesan dari air hujan dari sungai yang meluap. Itu masuk kategori bencana ya. Kita sedang menunggu laporan dari KPUD jabar dan itu akan kita segera ganti,” ucap Ilham di Kantor KPU RI.

Ditambahkan Ilham dana penggantian kotak suara tersebut diambil dari APBN. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengganti.

Lanjut Ilham, tiap KPU di daerah harus lebih memperhatikan kondisi gudang tempat penyimpanan kotak suara ini. Potensi kebocoran dan kelembaban gudang menjadi sangat rawan, apalagi saat ini telah memasuki musim hujan. Jadi, perlu ada perhatian khusus seperti pencegahan agar tidak terjadi lagi kerusakan kotak suara seperti ini.

“Makanya, kami sudah memerintahkan seluruh teman-teman di provinsi dan kabupaten/kota yang ada gudangnya itu dikasih palet di bawahnya, karena memang ini kan rentan dengan kelembaban,” jelas Ilham.

Ada 1.410 rusak akibat terendam genangan hujan yang mengguyur Cirebon pada Jumat (8/2) malam hingga Sabtu (9/2) dini hari.Selain terkena air hujan karena atap gudang bocor, juga terjadi rembasan air dari drainase yang berada di bawah. Ketika debit air sungai tinggi, dan meluap masuk dalam gudang. Jadi, yang terkena kotak suara yang disusun bagian bawah.

akibat peristiwa tersebut 10,4 persen dari total kotak suara yang disimpan, sementara kotak yang masih berfungsi sekitar 14 ribu buah.(Maliki)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *