Kolinlamil Sosialisasi Juknis Minu TNI

oleh -45 views
Notice: Trying to get property of non-object in /home/chanelid/public_html/wp-content/themes/majalahpro/template-parts/content-single.php on line 82

JAKARTA, Channel Indonesia – Sekretariat Umum (Setum) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan sosialisasi dan pembekalan tentang petunjuk teknis (juknis) administrasi umum (Minu) TNI dan tata kelola arsip kepada seluruh para Perwira Tata Usaha (Paur TU), di Gedung Laut Sulu, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (07/03).

 

Menurut Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Kolinlamil Letkol Laut (KH) Muhadi, pembekalan tersebut dimaksudkan dalam rangka mensosialisasikan hasil Rapat Koordinasi Kesekretariatan (Rakorset) TNI AL pada 18 Februari lalu.

 

“Sosialisasi hasil Rakorset Februari lalu harus di sosialisasikan kepada para Kataud Satker Kolinlamil, agar mereka memahami administrasi umum TNI,” jelas Kasetum.

 

Dalam pembekalannya, Kasetum menekankan kepada para Perwira Tata Usaha di lingkungan Kolinlamil, agar melaksanakan kegiatan administrasi, tulisan dinas, tata kelola kearsipan sesuai dengan ketentuan sesuai dengan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/685/IX/2013 tanggal 10 September 2013, dalam Administrasi Umum TNI yang harus berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.

 

Lebih lanjut Kasetum juga mengingatkan, sarana pencatatan arsip harus lengkap yang meliputi buku agenda arsip, buku verbal arsip, buku peminjaman arsip dan kartu arsip.

 

Hal lain yang menjadi penekanan Kasetum selama pembekalan, yaitu tentang tata cara penyimpanan dan penyusunan arsip yang sesuai dengan ketentuan.

 

Kasetum menambahkan, bahwa pencatatan arsip merupakan kegiatan pertama dari pengelolaan arsip dengan syarat antara lain,  teliti dalam penulisan dan dicatat dalam kolom-kolom tersediri dengan benar, lengkap dan jelas dalam pencatatan.

 

Sehingga dapat mudah dibaca oleh siapapun, kronologis yang diurutkan sesuai dengan datangnya tulisan dinas, dan bersih tidak boleh membubuhkan apapun dalam naskah tulisan dinas.

 

Dengan diadakannya pembekalan ini, diharapkan seluruh kegiatan yang bersifat administrasi umum khususnya bidang tata kelola arsip maupun kesekretariatan di lingkungan Kolinlamil, dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan administrasi umum TNI, Sehingga ada keseragaman dan keterpaduan dalam pengelolaannya serta dapat meminimalisir apabila ada Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik). (Agung S)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *