Koarmada II Gelar Lomba Kesamaptaan Bahari dalam Ajang Pekan Profesi 2018

oleh -104 views

SURABAYA,chanel-indonesia.com– Komando Armada II (Koarmada II) menggelar lomba yang menguji ketahanan fisik dan kekompakan tim yakni Lomba Kesamaptaan Bahari dalam ajang Pekan Profesi Koarmada II 2018 di Lapangan Ambalat, Mako Koarmada II, Surabaya, Senin (17/12/2018)

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si berkesempatan membuka Lomba Kesamaptaan Bahari yang diorganisir oleh Komando Latihan Armada II tersebut.

Tercatat kurang lebih 10 regu terlibat sebagai kompetitor lomba. Mereka merupakan prajurit Koarmada II yang berdinas di beberapa satuan antara lain Satuan Kapal Eskorta (Satkor), Satuan Kapal Selam (Satsel), Satuan Kapal Amfibi (Satfib), Satuan Kapal Cepat (Satkat), Satuan Kapal Ranjau (Satran), Satuan Kapal Bantu (Satban), Satkopaska, Dislambair, serta Kolatarmada II yang mengirimkan 2 regu.

Setiap tim kompetitor akan terdiri dari delapan orang, 2 orang Pamen, 2 orang Pama, 2 orang Bintara, dan 2 orang Tamtama.

Dalam lomba ini setiap tim kompetitor harus menyelesaikan sembilan tahap lomba, yang diawali dengan Lari sejauh 300 meter dari garis Start di Lapangan Ambalat menuju dermaga ponton depan Satkopaska. Berikutnya dilanjutkan dengan Dayung sejauh kurang lebih 400 meter, lalu Berenang sejauh 100 meter sebelum memanjat jaring menuju geladak KRI Teluk Ratai-509 yang sedang sandar, untuk menuju tahap berikutnya yakni Membaca Bendera Isyarat dan Morse.

Selanjutnya para kompetitor harus menarik truk Kopaska sejauh 100 meter yang terparkir di depan Gedung Guspurla Koarmada II, untuk melanjutkan tahap berikutnya yakni Push-Up dan Sit-up yang mengambil lokasi di depan Gedung Slog Koarmada II. Setelah itu kembali berlari menuju Lapangan Ambalat untuk menyelesaikan tahap akhir lomba yakni menembak plat menggunakan pistol bagi Perwira, dan senapan bagi anggota Bintara dan Tamtama.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya Lomba Kesamaptaan Bahari ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan menanamkan semangat jiwa korsa didiri setiap prajurit Koarmada II.

Adanya Lomba Kesamaptaan Bahari ini menurut orang nomor satu dijajaran Koarmada II ini, menjadi media bagi prajurit Koarmada II dalam memelihara jasmani , dan semangat jiwa korsa hingga naluri tempur. Karena dengan terjaganya kondisi tersebut maka prajurit Koarmada II, utamanya para pengawak alutsista mampu bersikap profesional dan siap sedia dalam rangka terwujudnya kesiapan operasional Koarmada II .

Lebih lanjut Pangkoarmada II juga mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat dijadikan tolok ukur kemampuan samapta prajurit Koarmada II.

Turut hadir dalam pembukaan Lomba Samapta Bahari yakni Kaskoarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwadi, S.E., M.M. , para Asisten Pangkoarmada II, para Komandan Satuan , serta Kasatker di jajaran Koarmada II. (Am)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *