Indahnya Kebersamaan TNI Pemalang dan Anak Desa Parunggalih

oleh -43 views

PEMALANG, Channel-Indonesia – Kebersamaan humanis antara TNI dengan anak desa terekam kamera di lokasi pembangunan Jembatan Limpas Kali Bacin (20 x 3,5 meter) tepatnya di titik 340 meter dari pengerasan Telford TMMD (805 meter x 2,5 meter). Senin (11/3/2019).

Anak-anak kelas 3 SD, Adi Saputra (9) Surya (9) dan Yuda (10), anak-anak Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh yang bersekolah di SDN 1 Jatiroyom Desa Jatiroyom (desa sasaran TMMD). Biasanya pulang-pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda kayuh memutar melewati Desa Pasir Kecamatan Bodeh menempuh jarak kurang lebih 19 kilometer 43 menit.

Namun saat akses telah dibuka dan sedang dibangun TNI, mereka mencoba jalan terdekat ke Jatiroyom dengan berjalan kaki sejauh 4 kilometer kurang lebih 35 menit berjalan kaki, sedangkan jika menggunakan sepeda sekitar 15 menit dan motor 10 menit dengan catatan jalan telah bagus.

Melihat keramahan TNI, sambil digendong tanpa canggung mereka bergantian bertanya tentang kenapa TNI membangun jembatan dan membuka jalan dan apalagi yang akan dibangun.

Dibenarkan Serda Rozy, Satgas TMMD asal Koramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang bahwa, ketiga bocah sengaja pulang sekolah berjalan kaki dengan melewati jalan yang dulunya setapak di tengah hutan Perhutani RPH Kaliwadas KPH Pemalang, sambil melihat dari dekat apa saja yang dilakukan para prajurit.

“Saya merespon pertanyaan dengan penjelasan menggunakan bahasa dan perumpamaan yang mudah dicerna anak seusia mereka. Pendekatan seperti ini sangat ampuh menumbuhkan semangat anak-anak belajar dan cita-cita mereka menjadi abdi negara seperti kami,” ucap Rozy.

Tak lupa Rozy memberikan gambaran bahwa belajar tak hanya di ruang kelas saja. Kegiatan outbond seperti jalan, lari dan sepedaan sore melintasi jalan baru juga sangat bagus untuk lebih mengenal lingkungan sekitar. (Maliki).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *