Debat Capres-Cawapres, Fahri : Bakal Seru dan Imbang

oleh -27 views
Pasangan capres - cawapres kedua kubu di ajang Pilpres 2019.(Ist)

JAKARTA, channel-indonesia.com – KPU menjadwalkan debat pertama capres – cawapres pada Kamis (17/1/2019) dengan tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Debat spektakuler tersebut akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Peserta debat pertama adalah antara pasangan capres dan cawapres 2019.

Acara yang dipastikan akan meraup banyak penonton ini akan disiarkan sejumlah stasiun televisi, seperti TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV pukul 19.00 WIB.

Menanggapi acara yang dinanti nanti sejumlah lapisan masyarakat ini, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menilai kandidat kedua kubu, Jokowi dan Prabowo akan imbang dalam masalah dugaan pelanggaran HAM.

“Prabowo kan sudah nggak ada tambahan dugaan pelanggarannya kan. Pak Jokowi kan ada pelanggaran HAM-nya ya kan, karena dia sudah berkuasa. Itu yang saya bilang, jadi draw ini pertarungan sebenarnya soal HAM ini,” kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Fahri menilai, isu HAM yang sering dihembuskan ke Prabowo sudah tidak relevan. Menurutnya, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan saat Prabowo mendaftar capres bisa membantah isu pelanggaran HAM.

Sedangkan Jokowi, lanjut Fahri, memiliki beberapa catatan soal dugaan pelanggaran HAM, karena dia menampung orang-orang yang diduga melakukan pelanggaran HAM di masa lalu. Yang kedua, pelanggaran HAM di zamannya Pak Jokowi.

Sebagai informasi, berikut jadwal debat capres – cawapres yang dibagi menjadi lima gelombang atau sesi.

Debat pertama akan mengusung tema ‘Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’, yang digelar pada 17 Januari 2019.

Debat kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019 dengan tema ‘Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur’.

Debat ketiga dengan tema ‘Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan’ digelar pada 17 Maret 2019. Nantinya debat ketiga ini akan disiarkan oleh Transmedia Group di Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

Debat keempat pada 30 Maret 2019 bertema ‘Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional’.

Debat kelima bertema ‘Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri’.

(Maliki)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *