Dandim 0110/Abdya Hadiri Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

oleh -47 views

ABDYA,channel-indonesia.com– Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. menghadiri acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya, di lapangan Pemda setempat, Sabtu (8/12/2018).

Acara di awali dengan pelaksanaan senam Jantung secara massal ini, diikuti para pejabat Pemda Abdya, di antaranya Sekda Drs. M Tahmrin, Kabagren Kompol Sulaiman, Kasubbin Kejari H. Azwar, SH., Kadinkes Safliati, SST,M., para Asisten Setdakab, para SKPK, serta Ratusan Kader PKK Sekabupaten Abdya.

Wabup Abdya Muslizar MT melalui Sekdakab dalam sambutannya menyebutkan Pemda Abdya mengapresiasi penuh gelaran acara tersebut. Katanya Germas sejalan dengan salah satu visi misi Pemda Abdya, yakni mewujudkan masyarakat yang sehat. Wabup berharap acara tersebut bisa menjadi momentum untuk seluruh masyarakat agar membudayakan pola hidup sehat.

Senada dengan itu Kadinkes Abdya Safliati, SST,M. mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama bersinergi melakukan pencegahan masalah gizi, khususnya Stunting.

Safliati menerangkan, Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam rentang waktu yang lama. Stunting berdampak pada tumbuh kembang anak, sehingga rentan terhadap segala penyakit. Hal ini sangat beresiko, karena bisa menyebakan kematian pada anak dan Balita.

Maka dari itu Safliati mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan lintas Sektor terkait, untuk sama-sama mengimplementasikan Germas dengan cara :
– Budaya hidup sehat tanpa rokok
– Budaya makan sayuran dan buah-buahan lokal
– Menciptakan sanitasi yang baik demi mewujudkan lingkungan yang sehat
– Mengakses fasilitas kesehatan sebagai wadah komunikasi, koordinasi, dan konsultasi kesehatan.

Acara Germas kemudian dilanjutkan dengan sesi pembagian piring sehat oleh para pejabat, penandatanganan deklarasi, dan ditutup dengan acara makan buah bersama.(Am)