Berbeda Konsep Debat Capres Cawapres Dulu dan Sekarang

oleh -204 views
Diskusi mingguan di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.(Channel-Indonesia/Maliki)

JAKARTA, Channel-Indonesia – Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas menerangkan konsep debat pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2014 dan 2019.mencakup adanya konsensus atau kesepakatan antara KPU dan pasangan calon dalam penyusunan tema debat.

Hal tersebut diungkapkan Sigit Pamungkas menerangkan adanya perbedaan penyusunan konsep untuk debat capres cawapres dulu dan sekarang.

“Dalam penyusunan tema debat, kalo sekarang tema debat disusun berdasarkan konsensus pasangan calon. Dulu disusun oleh pakar yang ditentukan oleh KPU tanpa berkonrdinasi dengan paslon,” ujar Sigit dalam diskusi mingguan di salah sastu cafe di Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Untuk moderator dan tim penelis, lanjutnya, tugasnya kini sudah berubah dalam menyusun rumusan pertanyaan debat yang akan dijawab paslon, dulu moderator juga ikut menyusun.

“Kalo sekarang moderator sekedar membacakan,” ungkapnya.

Untuk debat pilpres sebelumnya, menurut Sigit, dari segi formulasinya, kontrol kendali ada di KPU. Sedangkan debat pilres 2019, berdasarkan konsensus kedua paslon, yakni Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

“Dulu dia (KPU), menentukan aturan main sehingga kontestan menuruti penyelenggara pemilu, kalo sekarang penyelenggara pemilu menyerahkan pada kontestan,” pungkasnya.(Maliki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *