Buru KKB,Menko Polhukam : Kopassus Kuasai Medan Papua

oleh -174 views
?

JAKARTA, channel-indonesia.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto membenarkan bahwa dalam melakukan pengejaran dan penanganan terhadap kelompok separatis Papua atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogeya ini, dilakukan oleh Kopassus dan Brimob.

“Memang ada berita simpang siur tentang jumlah pasukan. Saya sampaikan bahwa memang ada satuan bantuan non organik, tidak hanya organik pasukan Brimob dan TNI di Papua dikerahkan. Tapi kita datangkan dari pasukan non organik dari luar Papua apakah itu Brimob maupun Kopassus,” kata Wiranto usai rapat koordinasi penanganan masalah Papua yang dihadiri perwakilan Polri, perwakilan TNI dan Kementerian Luar Negeri di Kantor Menko Polhukan Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Pengerahan pasukan Brimob dan Kopassus itu, lanjut Wiranto, untuk mengejar KKB Nduga sangat dibutuhkan karena medannya yang sangat sulit, sehingga dibutuhkan personil yang terlatih serta menguasai keadaan lokasi tersebut.

Sebagai informasi, Kopassus yang dikenal memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror bahkan menerjunkan tim terbaiknya guna memburu KKB di Papua.

Kemampuan Kopassus ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Kopassus telah terbukti berhasil dalam sejumlah operasi Pembebasan Sandera di Papua. Salah satunya di Banti Papua akhir tahun 2017 yang lalu. Jumlah warga yang berhasil dievakuasi dari Kampung Kimbely sebanyak 104 laki-laki, 32 perempuan dan 14 anak-anak serta dari Kampung Longsoran sebanyak 153 laki-laki (satu di antaranya orang asli Papua), 31 perempuan dan 10 anak-anak. (Maliki)