Tingkatkan Profesionalisme, Yonkav 12 Gelar Latihan menembak Senjata Ranpur

oleh -29 views

SINGKAWANG – Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti menggelar Latihan Menembak Senjata Kendaraan Tempur (Latbakjatranpur) 2019 di Pasir Panjang, Singkawang. Latihan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit Yonkav 12/BC yang merupakan pembinaan kekuatan TNI AD dalam Program Kerja TA 2019.

Dalam latihan menembak senjata berat ini menggunakan 2 unit Tank Amx-13/Kanon kaliber 105 mm dengan sasaran jarak 900 meter, 2 unit Tank Amx-13/APC SMB Browning kaliber 12,7 mm dengan sasaran jarak 300 meter dan senjata PSU Mag 58 kaliber 7,62 mm dengan sasaran jarak 300 meter. Pelaksanaan latihan didampingi Asnik dari Pusdikkav Pussenkav dan Tim Asnik dari Paldam Kodam XII/Tanjungpura.

Pada kesempatan tersebut Danyonkav 12/BC Mayor Kav Rinaldi Irawan, M.Han., juga selaku Komandan Latihan menegaskan, tujuan latihan menembak senjata kendaraan tempur ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senjata Ranpur. Agar petembak di satuan dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan juga mendukung tugas pokok TNI AD di masa-masa yang akan datang.

Danyonkav juga menyampaikan, sasaran latihan yang ingin dicapai adalah dua aspek diantaranya sasaran kuantitatif bagi seluruh personel yang menjabat petembak senjata berat dan sasaran kualitatif dengan tujuan mampu menembak senjata berat Ranpur dengan baik.

“Hasil yang harus dicapai dalam latihan menembak senjata berat ini adalah para petembak diharuskan mampu menghancurkan sasaran sesuai target yang telah di tentukan,” pungkas Danyon. (Maliki)