oleh

Ratusan Pelukis Padati Lapangan Makodim Kediri

KEDIRI,channel-indonesia.com– Lomba melukis bergenre komunikasi sosial (komsos) kreatif, diselenggarakan Kodim 0809/Kediri bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kediri, Dinas Pendidikan (Disdik) Kediri serta berbagai Paguyuban Seniman Kediri, menarik animo ratusan pelukis dari berbagai latarbelakang, Kamis (09/08/2018)

“Lomba melukis ini diharapkan bisa menyalurkan bakat-bakat terpendam dari para pelajar se-Kota dan Kabupaten Kediri. Nantinya lomba ini kita bagi tiga, profesional, umum dan pelajar, karena ketiganya jelas beda kelas, tidak mungin kita campurkan,” kata Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno.

Ia menambahkan, lomba melukis ini juga bisa mengarahkan kepada sesuatu yang positif. Menurutnya, perkembangan era masa kini harus diimbangi dengan kreatifitas dan menjauhi segala hal yang berdampak negatif, misalnya miras atau narkoba.

Disamping itu, perwakilan dari berbagai Disbudparpora Kota dan Kabupaten Kediri serta Disdik Kota dan Kabupaten Kediri, turut menghadiri lomba yang berlangsung hingga sore hari ini.

Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito melaporkan, tercatat 177 pelukis yang berdomisili dari Kota maupun Kabupaten Kediri mengikuti lomba melukis yang diadakan di lapangan Makodim Kediri. Selain dalam rangka komsos kreatif, lomba ini juga diselenggarakan untuk menyambut HUT RI dan TNI ke-73.

Berdasarkan catatannya, dari 177 pelukis, 19 diantaranya tergabung dalam paguyuban seniman Kota maupun Kabupaten Kediri, 18 pelukis berstatus mahasiswa, 28 pelukis mewakili Karang Taruna, 23 pelukis mewakili Pondok Pesantren (Ponpes), sedangkan 89 lainnya berstatus pelajar.

Sebagaimana diungkap Nur Cahyo, salah satu pelukis asal Desa Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, ia mengaku sangat senang atas keberadaan lomba ini. Terlebih, untuk event-event melukis, di Kediri sangat minim dibanding kota-kota besar, seperti Surabaya.

Demikian juga Fitriana Dewi Lestari, pelajar MAN 3 Kandangan, sangat antusias mengikuti lomba ini, walaupun ia sendiri sama sekali tidak memasang target apapun untuk menjuarainya. Ia mengaku hanya ingin berpartisipasi saja, apalagi banyak pelajar lainnya yang juga ikut serta.

Khusus untuk penilaian, Kodim Kediri menunjuk Sanggar Kadiri sebagai operator penentuan nilai dari 177 lukisan ini. Ada 6 juri yang bakal menentukan siapa yang terbaik diantara ratusan lukisan tersebut. (Am)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait