oleh

Berikut Program Kodim 1502/Masohi untuk Suku Mausu Ane

JAKARTA, Channel-Indonesia – Dandim Masohi Letkol Inf Hari Sandhi mengatakan sesuai dengan perintah Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, TNI saat ini tengah membuat program suatu kawasan atau tempat yang layak bagi masyarakat suku Mausu Ane sehingga mereka bisa tinggal dan menetap.

Program yang ditugaskan kepada Kodim 1502/Masohi tersebut saat ini telah berjalan. Progres program ini akan terus dievaluasi setiap minggunya untuk pengembangan lebih lanjut.

Sejumlah program yang dijalankan Satgas 1502 bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi para masyarakat Suku Mausu Ane dan diharapkan program ini dapat memberikan manfaat bagi warga Suku Mausu Ane dalam menyambung hidup mereka.

Dijelaskan Dandim 1502 Masuhi ini, TNI bersama aparat terkait telah membangun camp penampungan bagi warga Suku Mausu Ane, Camp ini terdiri dari camp keluarga sebanyak 40 tenda yang sesuai dengan jumlah kartu keluarga (KK), camp untuk dapur umum, camp pendidikan, camp kesehatan, camp untuk MCK, serta camp untuk berkumpul.

Di dalam camp tersebut warga Suku Mausu Ane akan diberikan kegiatan berupa pendidikan bagaimana caranya berkebun, berladang cengkeh, pala,cabe dll dan juga menggunakan alat masak memasak yang benar. Bagi anak anak mereka diberikan pendidikan berupa belajar membaca, pengenalan ilmu pengetahuan serta pendidikan ketrampilan lainnya.

Untuk dapat hidup sehat, prajurit TNI bersama aparat terkait juga memberikan penyuluhan serta pembelajaran bagaimana caranya hidup sehat dan menjaga kesehatan yang benar.

” Mereka harus dapat melihat bahwa dunia itu indah dan nyaman,” kata Hari Sandhi melalui telepone selulernya kepada channel-indonesia.com, Kamis(26/7/2018).

Bahkan, lanjutnya, TNI juga telah merancang pembuatan kampung atau desa baru yang di isi oleh warga Suku Mausu Ane. Desa tambahan ini akan didirikan diatas tanah seluas 40 hektare di kaki pegunungan Binaiya, Pulau Seram dan diisi sebanyak 45 rumah semi permanen.

” Kampung baru Suku Mausu ini akan terus didampingi oleh TNI,” imbuhnya.

Dikatakan Komandan Satgas 1502 ini, warga Suku Mausu Ane, mereka berterima kasih dan minta pendampingan terus hingga mapan dan mandiri.

” Momentum ini yang telah dapat kepecayaan dari masyarakat jadi harus terus berjalan dan dibina,” pungkasnya.(Maliki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait