oleh

Jokowi Segera Umumkan 10 Kandidat Cawapresnya Dalam Pilpres 2019

JAKARTA, channel-indonesia.com – Tebak tebak buah manggis siapa calon wakil Presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 akan terjawab, pasalnya dalam waktu dekat Jokowi akan mengumumkannama nama calon pendampingnya tersebut.

Dari informasi yang diterima, rencananya mantan Walikota Solo ini akan mengumumkan nama calon wakil presiden yang akan berpasangan dalam Pilpres 2019 ini akan digelar pada 15 Juli mendatang.

“Sebelum tanggal 15 Juli nanti akan ada pernyataan dari bapak Jokowi terkait cawapres,” kata narsum yang tidak mau disebutkan namanya ini, Rabu (4/7/2018)

Dikatakannya nama nama calon wakil Jokowi yang akan diumumkan berjumlah 10 nama, yang nantinya akan masuk dalam penyaringan hingga mengerucut ke satu nama. Kriteria penyaringan tersebut diantaranya masih berusia muda dan mampu bekerjasama dengan dirinya serta mempunyai pengalaman bekerja dengan Joko Widodo.

Menurut narsum tersebut, Jokowi saat ini akan bertemu dengan masing masing ketua partai pengusungnya untuk mendiskusikan nama calon wakil ya. Dalam memilih wakilnya ini Jokowi tidak memfokuskan pada satu profesi, dari 10 nama calon wakilnya ini dikabarkan terdiri dari politisi, Cendekiawan, purnawirawan TNI, juga tokoh masyarakat.

Berikut ini adalah nama 8 kandidat dari 10 nama cawapres Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang :

1. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Dari hasil survei Indo Barometer, nama AHY pun dianggap cocok untuk mendampingi Jokowi dengan perolehan angka 9,6 persen.

2. Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar atau yang kerap dipanggil Cak Imin juga kerap digadang-gadang sebagai calon pendamping Jokowi nanti. Tokoh yang berasal dari kalangan santri ini juga seringkali terlihat mendampingi Jokowi dalam beberapa kegiatan kunjungan kerja. Dalam hasil survei yang dirilis oleh Alvara Research Center lalu, Cak Imin menempati posisi kedua sebagai kandidat yang layak untuk menjadi cawapres Jokowi dengan perolehan angka 59,6 persen.

3. Hary Tanoesoedibjo
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo juga muncul sebagai kandidat cawapres yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres tahun depan. Hal ini terlihat saat namanya masuk dalam jajaran 10 besar calon wakil presiden (cawapres) terfavorit pilihan responden hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia. Tak hanya itu, berdasarkan hasil survei Alvara Research Center, popularitas Hary Tanoe juga berhasil mengungguli Cak Imin, Anies Baswedan dan Wiranto dengan perolehan angka 1,3 persen.

4. Said Aqil Siroj
Belum lama ini, nama Ketua Umum Pengurus Besar NU, Said Aqil Siroj juga muncul sebagai Cawapres yang diinginkan sebagian besar masyarakat Nadhalatul Ulama (NU).

5. Muhammad Romahurmuziy
Ketua Umum PPP Romahurmuziy kerap digadang-gadang sebagai cawapres. Meski begitu PPP belum secara resmi menyodorkan nama-nama cawapresnya kepada Jokowi.

6. Mahfud MD
Mantan Ketua mahkamah Konstitusi mahfud MD juga dinilai berpotensial untuk menjadi Cawapres Jokowi pada Pilpres 2019. Figur yang dihormati oleh kalangan masyarakat Nadhlatul Ulama (NU) ini juga terlihat dapat menambah segmen pemilih Islam yang moderat.

Mahfud MD dilihat memiliki pengalaman yang mumpuni di tiga lembaga politik yakni yudikatif (Ketua MK), eksekutif (sebagai menteri) dan legislatif (sebagai anggota DPR).

7. Gatot Nurmantyo
Gatot Nurmantyo kerap muncul dalam hasil survei Cawapres Jokowi pada ajang Pilpres nanti. Berdasarkan survei Alvara Research Center, sebanyak 61,9 persen responden menyatakan setuju bila Jokowi menggandeng Gatot Nurmantyo yang merupakan mantan Panglima TNI tersebut.

Hal tersebut dibuktikan dari hasil survei bahwa Gatot dapat mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Muhaimin Iskandar dan AHY. Selain itu, hasil simulasi Capres-Cawapres juga menunjukkan bahwa perpaduan antara sipil militer paling disukai oleh responden dibandingkan dengan perpaduan tokoh nasionalis-Islam dan perpaduan tokoh Jawa-Luar Jawa.

8. Jusuf Kalla
Walaupun posisisnya saat ini yang masih menjabat sebagai Wakil Presiden, Jusuf Kalla juga digadang-gadang sebagai calon pendamping Jokowi pada Pilpres tahun depan. (Maliki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait