oleh

Bahas Hidrografi.Wakil Kementerian dan Lembaga Pemerintah Diskusi di Pushidrosal

JAKARTA,channel-indonesia.com– Wakil dari Kementerian dan Lembaga Pemerintah yang merupakan stakeholder terkait hidrografi, Rabu (4/7), berkumpul di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), mengadakan diskusi tentang peran hidrografi dalam pembangunan kemaritiman indonesia,Rabu (4/7/2018)

Hadir dalam acara yang dikemas dengan tajuk Minum kopi bersama stakeholder kemaritiman tersebut di antaranya Badan Informasi Geospatial (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Basarnas, Dewan Hidrografi Indonesia (DHI), Pemda DKI, Pertamina, SKK Migas, instansi TNI, perusahaan swasta pelaku kegiatan hidrografi serta akademisi Perguruan tinggi.

Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. acara ini digelar untuk menjaga dan lebih mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin selama ini antara Pushidrosal dengan para pemangku kepentingan di bidang maritim, khususnya masyarakat hidrografi.

Selain itu, untuk menyamakan persepsi terhadap kebijakan pemerintah guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dengan menyiapkan pembangunan kekuatan TNI AL, dan dukungan yang serius dari instansi terkait, termasuk di dalamnya peran Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dalam menjamin keselematan pelayaran, baik untuk kepentingan umum maupun militer.

Menurutnya, dibalik layanan hidrografi bertumpu aliran ekonomi dan kemakmuran yang besar bagi NKRI, karena hidrografi bukan hanya sekedar peta laut, melainkan kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut Indonesia.

Acara diskusi diisi paparan dari Pakar Hidrografi dari Institut Teknologi Bandung, Dr. rer. nat. Poerbandono, Ph.d, dengan topik “Pemetaan Laut Untuk Pembangunan Kemaritiman Indonesia” , yang memaparkan bahwa memetakan laut berarti menyediakan data untuk mengetahui semua potensi sumber daya di laut, termasuk perilaku dan ancamannya.

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi beberapa bagian di Pushidrosal, yakni Dinas Pemetaan dan Dinas Produksi dan Distribusi untuk mengetahui lebih dekat peran tiap bagian dalam mendukung tugas pokok Pushidrosal.(Am)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait