oleh

Asian Games 2018 Berlangsung Pintu Tol Terpadat Ditutup Bergelombang

JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono mengatakan saat berlangsungnya Asian Games pada 18 Agustus mendatang akan ada penutupan pintu tol di gerbang terpadat yang mengalami kecepatan kurang dari 40 km/jam, V/C ratio lebih dari 1, antriannya panjang mencapai 200 meter dan jarak antar gerbang tolnya berdekatan.

“Penutupan pintu tol prioritas akan diterapkan bervariasi dari pukul 06.00-17.00 WIB dan pukul 12.00-21.00 setiap harinya,” jelas Bambang dalam acara diskusi jelang uji coba paket kebijakan penanganan kemacetan saat Asian Games, di Hotel Haris, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018).

Dikatakan Bambang penutupan pintu tol ini diprioritaskan untuk rute Wisma Atlet Kemayoran, Gelora Bung Karno (GBK), Velodrome Rawamangun dan Cibubur. Penutupan ini dilakukan karena rute-rute tersebut akan sering dilewati oleh para atlet dan suporternya.

“Nantinya di dalam tol juga ada penyediaan lajur khusus yang diperuntukkan bagi kendaraan pengangkut atlet dan angkutan umum bus,” ujarnya.

Sementara, lajur khusus tersebut memiliki panjang lebih dari 100 km. Adapun ruas tol dengan jalur khusus ini meliputi ruas Tol Dalam Kota (21,6 km), ruas Tol Pelabuhan (25,8 km), ruas Tol Wiyoto Wiyono (26,2 km) dan ruas Tol Jagorawi (26,8 km) lajur tersebut akan dilengkapi dengan cat merah bertuliskan Asian Games.

Selain menyiapkan lajur khusus, ada juga kebijakan berkaitan dengan penyediaan angkutan umum. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menunjang mobilitas masyarakat saat Asian Games.

Kebijakan ini meliputi penambahan armada bus Transjakarta ke venue sebanyak 76 unit dari kondisi existing 294 unit, penyediaan 57 unit bus dari Hotel/Mall ke Venue, penyediaan 204 bus khusus untuk wilayah-wilayah yang terdampak perluasan kebijakan ganjil-genap, serta penyediaan 10 unit bus guna keperluan non pertandingan (wisata).

Terakhir, kebijakan yang coba diterapkan adalah pembatasan lalu lintas angkutan barang dengan memperluas cakupan pembatasan lalu lintas angkutan barang golongan II, IV dan V pada ruas tol tertentu. Khusus pada masa penyelenggaraan Asian Games pembatasan lalu lintas angkutan barang akan diperluas ruas Tol Pelabuhan, ruas Tol Cawang TMII dan ruas Tol Cawang-Cikunir

“Rencananya, angkutan barang pada ruas tol Cawang-Tomang-Pluit dan Tomang-Kembangan tidak boleh melintas pada ruas tol tersebut diluar pukul 22.00-05.00 WIB,” kata dia.(Maliki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait