oleh

 KKSB Berondong Tim Patroli TNI

JAYAPURA, Channel-Indonesia – Saat sedang melakukan patroli rutin di wilayah Dsitrik Yambi, tiba tiba saja tim patroli TNI mendpatkan hujan tembakan dari arah pegunungan oleh sparatis Papua atau KKSB. Akibatnya satu orang prajurit TNI mengalami luka tembak.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi memaparkan, pada Sabtu 16 Juni 2018, Tim Patroli TNI dipimpin oleh Mayor Inf Dwi Soerjono (Kasdim 1714/PJ) melaksanakan Patroli Rutin menggunakan 3 unit kendaraan Mitsubishi Strada.

Patroli tersebut, lanjut Aidi, adalah dalam rangka memantau situasi dalam suasana Idul Fitri bagi ummat Muslim di Distrik Yambi Puncak Jaya Papua. Pada pukul 14.30 tepatnya di Kampung Tirineri Distrik Yambi tiba-tiba Tim Patroli TNI mendapatkan serangan tembakan rentetan KKSB dari arah ketinggian sebelah kiri.

Akibat serangan tembakan tersebut 1 orang Prajurit a.n Pratu E anggota Yonif 753/AVT mengalami luka tembak di lengan kiri atas dan dua orang prajurit lainnya mengalami luka di paha dan di pelipis kanan akibat serpihan kaca mobil yang tertembak.

” Tim Patroli berusaha melaksanakan perlawanan sambil melaksanakan pengunduran untuk mengevakuasi korban ke RSU Mulya Puncak Jaya Papua,” jelas Kapendam XVII kepada  channel-indonesia, Minggu (17/6/2018).

Saat ini seluruh korban sudah berhasil di evakuasi ke RSU Mulia Puncak untuk mendapatkan perawatan, sedangkan anggota lainnya melaksanakan pengamanan, dari data sementara yang berhasil dihimpun pelaku penyerangan adalah kelompok KKSB Pimpinan Lekagak Talenggeng.

” Belum bisa dipastikan apakah dari pihak KKSB juga jatuh korban atau tidak karena posisinya di atas ketinggian sehingga tidak dapat dilakukan pengejaran. Saat ini pasukan TNI tetap melaksanakan Siaga 1 untuk mengantisipasi perkembangan situasi lebih lanjut,” imbuhnya.

TNI sangat menyayangkan terjadinya insiden ini karena masih dalam suasana Idul Fitri bagi Ummat Muslim yang maknanya kembali ke Fitrah atau kesucian namun dinodai dengan menumpahkan darah manusia ke Tanah Papua.(Maliki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait