PROBOLINGGO, Channel-Indonesia.com – Sedikit demi sedikit, akhirnya rumah milik beberapa warga di Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, mulai siap untuk di tempati. Setelah melewati beberapa hari, para warga yang rumahnya menjadi sasaran RTLH oleh Satgas TMMD Probolinggo tersebut, mengaku sangat terharu.

Seperti yang diungkapkan Sujak (57), dirinya mengakui jika rumah yang dihuninya saat ini, sangat berbeda jauh dari sebelumnya. Bagaimana tidak, menurut Sujak, rumah miliknya yang sebelumnya hanya sebuah gubuk, kini berubah penampilan dan terlihat sangat kokoh

“Temboknya sudah tidak dari bambu lagi. Saya merasa sangat nyaman menempati tempat tinggal saya,” aku Sujak ketika ditemui di rumahnya dengan didampingi dua personel Satgas dari Kodim 0820/Probolinggo, Rabu (06/06/18).

Sujak menambahkan, jika dirinya sudah tak merasa resah dengan datangnya musim penghujan. Sebab, kata Sujak, setiap kali musim hujan tiba, dirinya harus merelakan diri untuk tidur dengan tetesan air yang jatuh dari atas atap rumahnya.

“Bagaimana gak sedih, lah wong dulunya atap rumah saya hanya beralaskan terpal dan rotan. Kalau musim hujan datang, mau gak mau saya tidur sambil merasakan dinginnya air hujan,” keluh Sujak.

“Tapi, saat ini saya merasa sangat bersyukur. Alhamdulillah, rumah saya bisa berubah seperti ini, terima kasih banyak pak TNI,” tambahnya.

Terpisah, ditemui di ruangan kerjanya, Komandan Koramil (Danramil)0820/10 Kuripan Kapten Kav Nasrokin menambahkan, selain dikerjakan oleh personel Satgas, renovasi rumah tersebut, juga melibatkan tenaga dari beberapa warga sekitar yang peduli dengan kondisi rumah milik Sujak.

“Awalnya Cuma personel Satgas saja. Tapi, lambat laun selama berlangsungnya pengerjaan itu, beberapa warga mulai berbondong-bondong untuk ikut membantu,” kata Nasrokin.

Ditambahkannya, renovasi rumah miliki beberapa warga di wilayah tugasnya tersebut, memang sengaja di kebut. Selain fasilitas pengungsian yang kurang memadai bagi para warga yang rumahnya di rehab, percepatan rehabilitasi rumah tersebut dilakukan, juga mengingat jika sebentar lagi akan memasuki hari raya Idul Fitri.

“Lebaran itu kan sangat dinanti oleh warga. Apalagi, mayoritas warga di sana itu beragama muslim, memang sengaja kita kebut. Kasihan kan kalau pas lebaran, terus kondisi rumahnya belum selesai di bangun,” katanya.

“Untuk warga yang rumahnya selesai di rehab, saya mengucapkan selamat berlebaran dengan rumah baru,” cetus Danramil 10/Kuripan, Kodim 0820/Probolinggo ini. (AM)

LEAVE A REPLY