JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta menjaga keamanan kesatrian, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta telah menggelar Latihan Simulasi Pengamanan Markas Siaga Satu di Pos Penjagaan Mako Lantamal III, Jl. Gunung Sahari No.2, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (16/5).

Kegiatan simulasi pengamanan tersebut juga dilaksanakan untuk melatih kepekaan personil Lantamal III Jakarta khususnya dalam melaksanakan dinas jaga terhadap situasi yang terjadi saat ini dimana aksi terorisme berupa aksi bom bunuh diri berturut-turut telah terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan terhadap 3 (tiga) buah gereja di Surabaya dan terakhir terjadi di Mapolda Riau.

Dalam latihan simulasi pengamanan yang melibatkan unsur Marinir, Pomal, Intel, Pam dan Divisi Jaga dengan jumlah personil lebih kurang 15 personil itu di skenariokan adanya tamu yang datang ke Mako dengan membawa tas besar. Dengan sigap personel di penjagaan melakukan pemeriksaan terhadap tamu tersebut berikut barang bawaannya sesuai prosedur.

Setiap tamu yang akan masuk ke Mako Lantamal III Jakarta diperiksa petugas, mulai dari barang bawaan, maksud dan tujuan kedatangannya serta memperlihatkan surat identitas diri berupa KTP. Bila ada hal yang mencurigakan akan dilakukan tindakan tegas. (AS)

LEAVE A REPLY