AMBON,channel-indonesia.com– Setelah Ambulan laut diresmikan oleh Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan, SPB., dengan dilaksanakan acara syukuran yang dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX pada Kamis (26/04), kini beroperasi dengan mengevakuasi korban penederita tumor jinak dari Telaga Piru Kab. Seram Bagian Barat menuju Dermaga Beaching Lantamal IX Ambon yang diawaki Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Ambon. Minggu, (29/04/2018).

Pasien tersebut sebelumnya diperiksa Tim Kesehatan pada tanggal 28 April 2018 saat Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX bekerjasama dengan Stikes Maluku Husada dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala menggelar Bakti Sosial Kesehatan pengobatan gratis kepada masyarakat pesisir di Dusun Telaga-Piru dan Desa Waesala Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pada pelayanan spesialis bedah ditemukan 2 pasien yang diduga tumor jinak dan 1 orang pasien tumor jinak harus menjalani perawatan dan dirujuk ke Rumkital dr. F.X. Suhardjo menggunakan Ambulan Laut Lantamal IX. Walaupun ombak menerjang ambulan laut, namun tidak menyurutkan semangat Tim Evakuasi Medis Lantamal IX Ambon untuk membawa korban untuk mendapatkan pertolongan.

Saat ini pasien penderita tumor jinak sedang mendapatkan penanganan medis oleh Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX. Ambulan ini terwujud karena partisipasi STIKes Maluku Husada.

Hal ini membuktikan bahwa Lantamal IX siap mengembangkan rumah sakit yang berwawasan bahari, walaupun merintis dari kapal yang kecil, kedepannya terus berkembang sehingga memliki kapal ambulan laut yang lebih besar dan dilengkapi dengan fasilitas labuh / dermaga.

Diharapkan ambulan laut yang oleh diawaki armada tangguh Lantamal IX, dapat mengevakuasi pasien di daerah – daerah pesisir Maluku yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga Rumkital dr. F.X. Suhardjo mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Maluku pada umumnya serta TNI AL pada khusunya.(Am)

LEAVE A REPLY