JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang juga adalah Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Mgr. Ignatius Suharyo beserta konselebran 6 Uskup memimpin misa perayaan Ekaristi pembukaan Rakornas pertama Vox Point Indonesia bertempat di Pusat Pastoral (Puspas) KAJ Wisma Samadi, Jl. Dermaga, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin pagi (30/04/18).

Menurut Ketua Panita Rakornas pertama Vox Point Indonesia (VPI) Susana Binsasi Sarumaha kehadiran para Uskup dalam Rakornas ini merupakan dukungan yang sangat berarti bagi Vox Point Indonesia sebagai organisasi awam Katolik yang baru 2 tahun lahir, terlebih khusus di wilayah Keuskupan yang mereka pimpin. “Tentu saja kita senang dan inilah tanda dukungan yang luar biasa dari para Uskup,” terang Susan.

Selain itu, lanjut Susan, kehadiran para Uskup merupakan motivasi bagi pengurus DPN, DPD dan DPW Vox Point Indonesia untuk lebih semangat lagi dalam berkerasulan di bidang sosial politik kemasyarakatan.

“Ini juga motivasi buat kami. Mudah-mudahan kami terus bekerja sesuai dengan visi misi dan harapan para Bapak Uskup,” tandas Susan.

Susan menambahkan, Rakornas I merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kepada para Uskup. Sebab, saat pelantikan para pengurus Vox Point Indonesia didoakan dan berkat khusus oleh para Uskup. “Tentu saja para Uskup memberi harapan besar kepada para pengurus Vox. Maka, Rakornas I Vox merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami kepada hierarki Gereja Katolik,” pungkas Susan.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Vox Point Indonesia dilaksanakan 3 (tiga) hari dimulai hari Minggu dan akan berakhir hingga hari Selasa, 1 Mei 2018, yang dihadiri perwakilan dari 13 Provinsi (Dewan Pimpinan Daerah) dan 49 Kabupaten/Kota (Dewan Pimpinan Wilayah) dari seluruh Indonesia sehingga total peserta Rakornas I Vox ini mencapai sekitar 250 orang.

“Tujuh Uskup menghadiri dalam Rakernas ini. Inilah bentuk dukungan nyata dan penerimaan para uskup atas terlahirnya Vox Point Indonesia. Para uskup ini tentu sangat mendukung hadirnya wadah tempat semua orang Katolik yang berminat politik, sosial kemasyarakata ini,” jelas Susan yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Vox Point Indonesia ini.

Adapun 7 (tujuh) Uskup yang memimpin misa pembukaan Rakornas I Vox Point Indonesia ini, antara lain: Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) atau Uskup Keuskupan Umat Katolik TNI/POLRI atau OCI (Ordinariatus Castrensis Indonesia) yang juga adalah Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Bandung atau Sekjen KWI Mgr. Antonius Bunjamin. Turut hadir Uskup Denpasar Mgr. Silvester San, Uskup Agats-Asmat Mgr. Aloysius Murwito, Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Uskup Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto dan Uskup Merauke Mgr. Nicolaus Seputra.

Dalam Rakornas I Vox Poin Indonesia yang bertajuk, “Membumikan Pancasila, Menjaga Kebhinnekaan” ini juga akan menghadirkan juga para tokoh lintas Agama.

Para tokoh lintas agama ini hadir mendukung wujud komitmen bersama Vox Point Indonesia dalam menjaga keberagaman dan komitmen kebhinnekaan, kesatuan dan persatuaan sebagai warga bangsa.

“Ini wujud komitmen bersama Vox Point dan para tokoh lintas agama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai kebangsa sudah menjadi pegangan bersama yang harus dijaga bersama,” jelas Susana. (AS)

LEAVE A REPLY