JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Vox Point Indonesia akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pertama. Acara ini akan dilaksanakan 3 (tiga) hari yang dimulai hari Minggu – Selasa, 29 April – 1 Mei 2018, di Puspas (Pusat Pastoral) Samadi, Jl. Dermaga, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Mengingat Vox Point Indonesia baru berusia 2 (dua) tahun, maka perlu koordinasi internal. Acara ini bertujuan untuk melakukan koordinasi antara pengurus Vox Point Indonesia, baik dari DPN, DPD maupun DPW,” kata Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handoyo Budhisedjati kepada Channel-Indonesia.com di Jakarta, Sabtu (28/04/18).

Handoyo menjelaskan dalam usianya yang masih muda ini, Vox Point Indonesia harus segera ‘berlari’. “Kami siap untuk terus berkarya sesuai visi misi yakni mengembangkan nilai-nilai kebangsaan dan mempertahankan 4 (empat) konsensus dasar kita yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Handoyo.

Maka, lanjut Handoyo, Rakornas I Vox Point Indonesia (VPI) selain berkoordinasi internal organisasi juga untuk memberi wawasan kebangsaan tentang Pancasila.

Sementara salah satu anggota Steering Committee (SC) Anselmus Alaman juga mengatakan, Rakornas ini bertujuan untuk menggalakkan konsolidasi. “Agar adanya kesepakatan serta pemahaman dan gerak bersama para awam Katolik baik internal Vox Point Indonesia maupun dengan masyarakat umum,” kata anggota Dewan Pakar Vox Point Indonesia ini.

Acara ini akan diawali dengan misa pembukaan bersama konselebran 7 Uskup, pada hari Senin 30 April 2018. Misa akan dipimpin langsung oleh Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Uskup Keuskupan Umat Katolik TNI/POLRI atau OCI (Ordinariatus Castrensis Indonesia) yang juga adalah Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo, Pr.

Informasi yang diperoleh Channel-Indonesia.com, Mgr. Ign. Suharyo akan didampingi Uskup Bandung yang adalah Sekjen KWI Mgr. Antonius Bunjamin berserta para Uskup antara lain Uskup Denpasar Mgr. Silvester San, Uskup Agats-Asmat Mgr. Aloysius Murwito, Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto dan Uskup Agung Merauke Mgr. Nicolaus Seputra.

Kegiatan Rakornas ini yang bertemakan “Membumikan Pancasila, Menjaga Kebhinnekaan” juga akan di isi dengan Seminar Nasional, pada hari Senin tanggal 30 April 2018.

Rencana akan dihadiri sebagai Keynote Speaker Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Sementara Narasumber adalah Kepala UKP-PIP Yudi Latief, Ketua Umum ICRP (International Commission on Radiological Protection) Siti Musdah Mulia dan Pengamat Sosial Politik Paulus Krissantono.

Rakornas akan dihadiri perwakilan dari 13 Provinsi (Dewan Pimpinan Daerah) dan 49 Kabupaten/Kota (Dewan Pimpinan Wilayah) di seluruh Indonesia, total peserta Rakornas Vox Point Indonesia diperkirakan 250 orang. (AS)

LEAVE A REPLY