Surabaya,channel-indonesia.com – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Lebaran. Bahkan di hari besar keagamaan Islam itu diprediksi mengalami peningkatan sebesar 3-4 persen dari tahun sebelumnya.

“Adapun enam tambahan kereta api, diantaranya KA Gajayana Lebaran tujuan Malang-Gambir, KA Sembrani Lebaran tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir, KA Sancaka Lebaran tujuan Surabaya Gubeng-Yogyakarta, KA Pasundan Lebaran tujuan Surabaya Gubeng-Kiaracondong, KA Matarmaja Lebaran tujuan Malang-Pasarsenen dan KA Kertajaya Lebaran tujuan Surabaya Pasarturi-Pasarsenen,” ungkap
Gatut Sutiyatmoko Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Selasa (27/3/2018).

Ia menambahkan untuk ketersediaan tempat duduk pada KA tambahan lebaran terdapat sebanyak 3.562 seat per hari. Selain tambahan KA, Daop 8 juga akan melakukan penambahan gerbong kereta untuk KA Gumarang keberangkatan dari Surabaya Pasar Turi ke Jakarta, yang semula 10 menjadi 16 gerbong kereta api.

“Tahun ini kami menyediakan 45.280 kursi kereta api per hari selama masa angkutan Lebaran 2018. Angka itu meningkat dari sebelumnya yaitu 45.016 seat per hari. Rata-rata tujuan penumpang paling banyak itu kr Jakarta dan Yogyakarta,” terangnya.

Untuk melancarkan arus mudik Lebaran 2018, Gatut mengatakan pihaknya juga akan menambahkan tiga petugas ekstra, yaitu penjaga perlintasan ekstra, pemeriksa jalan ekstra, dan pemantau titik rawan terjadinya gangguan. Dia juga akan menyiapkan Tim Penanganan Cepat Gangguan dan juga alat material untuk siaga (Amus), untuk mengatasi gangguan seperti longsor, banjir dan lainnya.

“Kita juga nambah CCTV disetiap stasiun,” pungkasnya.(Ad)

LEAVE A REPLY