JAKARTA, Channel-Indonesia.com
Vox Populi Institute (Vox Point Indonesia) hingga saat kini sudah memiliki 11 DPD dan 32 DPW ini, Vox tetap eksis menggelar Rekoleksi Politik (Rekpol) selama 2 (dua) hari dari hari Sabtu – Minggu tanggal 03 – 04 Maret 2018 bertempat di Wisma Samadi (Pusat Pastoral KAJ), Klender, Jakarta Timur, Sabtu pagi (03/03/18).

Rekoleksi Politik (Rekpol) yang dibuka hanya 2 kelas, yakni Tahap 1 angkatan 5 berjumlah 40 peserta dan Tahap 2 angkatan 2 berjumlah 23 peserta. Peserta yang ikut masing-masing adalah perwakilan dari DPD-DPW yakni: DKI Jakarta, Banten, Bekasi, Karawang, Jawa Barat, Yogyakarta, Surakarta, Malang, Madiun, Sintang, Putusibau, Malaka, Kupang (NTT) dan Papua.

Perlu diketahui, bahwa untuk sementara, Vox Point telah memiliki 11 DPD dan 31 DPW se-indonesia. Yang sudah masuk 11 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Lampung, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Papua, NTT (Nusa Tenggara Timur) dan Sulawesi Utara.

Sedangkan 32 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yakni Kabupaten/Kota meliputi Ketapang, Kubu Raya, Landak, Pontianak, Sanggau, Singkawang, Sintang, Putussibau (Kapuas Hulu), Yogyakarta, Bekasi, Bandung Raya, Purwakarta, Merauke, Timika, Jayapura, Asmat, Boven Digoel, Mappi, Pegunungan Bintang, Ngada, TTU, Malaka, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bitung, Talaud, Tomohon, Madiun, dan Karawang (menyusul pelantikan)

Ketum Vox Point Handoyo Budhisejati mengatakan, Tentu ini belum semuanya. Masih ada PR untuk DPN masuk ke daerah lain yang belum terjaring. Tak lama lagi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Adapun kegiatan Rekoleksi Politik (Rekpol) ini merupakan pembekalan para penggiat Poltik dengan narasumber Tokoh pengamat politik, Aktivis, Politikus, Tokoh spritualitas, dan Rohaniwan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama di kelas ini, pengenalan Vox Point Indonesia yang dibawakan oleh Ketua Umum Vox Point Handoyo Budhisedjati, Lidya Natalia (Sekjen DPN), Budhi Hendarto dan Ketua Panitia Pelaksana Rekpol : Monica K. Joseph.

Dilanjutkan materi dengan narasumber antara lain Pater Vincentius Darmin Mbula, OFM. tentang Spiritualitas Kerasulan dalam Politik, Sebastian Salang (Direktur Eksekutif FORMMAPI) tentang Dinamika Politik di Indonesia, Pater Augustinus Setyo Wibowo, SJ. tentang Spiritualitas Awam dalam Perubahan Sosial Politik, dan ditutup dengan Renungan malam oleh Pastor moderator Vox Point Indonesia Pastor RD Rofinus Neto Wuli (akrab disapa Pastor Ronny).

Di hari kedua, Pastor RD. Agus Ulahayanan tentang Kerasulan Politik dan Implementasinya, J. Paulus Krisantono tentang Umat Katolik dalam Peta Sosial Politik Kemasyarakatan, materi tentang Perbedaan Peran dan Tanggung Jawab antara Awam dan Hierarki.

Di akhiri hari kedua, Minggu (04/03/18), ditutup dengan Misa perutusan dipimpin oleh Pastor moderator Vox Point Indonesia Pastor RD Rofinus Neto Wuli (akrab disapa Pastor Ronny) yang juga selaku Pastor Bantuan Militer TNI-Polri Ordinariatus Castrensis Indonesia (Pasbanmilpol OCI). Ketum Vox Point Indonesia Handoyo Budhisejati menuturkan kepada Channel-Indonesia.com, bahwa Vox Point akan menggelar Rekoleksi Politik (Rekpol) secara periodik per 3 bulan sekali dan akan membuka kelas kembali pada Minggu terakhir bulan Juli. (AS)

LEAVE A REPLY