oleh

KPU Umumkan Hasil Verifikasi 14 Parpol Lolos Peserta Pemilu

JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membacakan ketetapan hasil verifikasi faktual terhadap Partai Politik (Parpol) yang akan berlaga di Pemilu Serentak 2019. Hasilnya, 14 Parpol dinyatakan memenuhi syarat menjadi Parpol peserta Pemilu 2019.

Adapun Parpol yang memenuhi syarat adalah PAN (Partai Amanat Nasional), Partai Berkarya, PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Golkar (Golongan Karya), Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem (Nasional Demokrat), Perindo (Partai Persatuan Indonesia), PPP (Partai Persatuan Pembangunan), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Mereka dianggap telah memenuhi syarat verifikasi faktual di tingkat DPP, Provinsi, dan Kabupaten / Kota. “Memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu (17/02/18).

Sementara, Partai Bulan Bintang (PBB) dan PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual di tingkat Kabupaten / Kota berdasarkan PKPU No.11 Tahun 2017.

PBB terkendala keanggotaan yang tidak mencapai syarat 75 persen di Provinsi Sumatera Utara meliputi Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Nias Barat, Kabupaten Samosir, Serdang Bedegai, Tapanuli Utara, dan Samosir.

Sedangkan di Provinsi Papua Barat, PBB tidak memenuhi syarat di Kabupaten Manokwari Selatan.

Untuk PKPI, KPU menyatakan tidak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di tingkat Kabupaten / Kota.

“Kesimpulan, status PBB secara nasional dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” ucap Anggota KPU Wahyu Setiawan. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait