SURABAYA, Channel-Indonesia.com – Masih rangkaian kegiatan vaksinasi Difteri, kali ini para siswa Rumah Pintar Dolphin Koarmatim melaksanakan vaksin Imunisasi Difteri yang bekerjasama dengan UPTD PKM Sawah Pulo yang diketuai oleh Bidan Isti, Amd.Keb., Ujung Koarmatim, Surabaya, Kamis (15/02/18).

“Tentunya kita patut mewaspadai bila anak tidak di imunisasi maka akan membahayakan jiwanya dan orang-orang di sekitarnya, penyakit Difteri sendiri merupakan penyakit infeksi akut yang mudah menular disebabkan oleh infeksi Corynebacterium Diphtheriae,” ujarnya.

Lanjutnya, kuman yang paling sering menginfeksi saluran pernafasan, terutama bagian tansil, nasofaring (bagian antara hidung dan faring/ tenggorokan) dan laring, serta terdapat juga pada kulit, konjungtiva, genitalia dan telinga. Kuman ini juga menghasilkan sebuah racun yang disebut eksotoxin yang sangat berbahaya, karena menyerang otot jantung, ginjal dan jaringan syaraf.

Adapun penularan Kuman Difteri hidup pada selaput lendir rongga mulut, tenggorokan dan hidung pada orang yang terinfeksi dengan kuman ini. Penularannya umumnya melalui udara (batuk/bersin), percikan air ludah batuk dari penderita. Bisa juga melalui benda atau makanan yang terkontaminasi Corynebacterium Diphtheriae.

Sedangkan pencegahan penyakit Difteri paling efektif dengan Imunisasi diantaranya pada Bayi usia 2 sampai 4 bulan, Bayi di bawah 2 tahun usia 18 bulan dan anak Usia Sekolah Dasar dari kelas 1 SD, 2 SD dan kelas 5 SD. (AM)

LEAVE A REPLY