JAKARTA, Chamnel-Indonesia.com – Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE., M.M. menegaskan, keberadaan tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan tetap dipertahankan. Menurut Kasau, kiprahnya sebagai duta bangsa yang telah membawa nama harum Indonesia di beberapa even kedirgantaraan internasional, membuat JAT layak untuk dikembangkan.

“JAT rencananya akan tetap kita pertahanakan, bahkan TNI AU akan membuat flight tersendiri agar mereka (JAT) dapat lebih fokus berlatih dan tidak dibebankan oleh tugas-tugas instruktur, sehingga kita harapkan dapat tampil pada even internasional yang lebih besar,” kata Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M kepada media sesaat setelah memimpin upacara pemberian Pin dan piagam penghargaan kepada JAT, di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (13/02/18).

Pemberian penghargaan terkait dengan telah kembalinya JAT tampil di arena pameran Kedirgantaraan Internasional, Singapore Airshow 2018 yang berlangsung dari tanggal 6 – 11 Februari 2018 di Changi Air Force Base, Singapura. Penampilan JAT pada ajang dua tahunan itu, telah membawa harum nama Indonesia, dimana performa tim aerobatik yang bermarkas di Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta ini selalu mencuri perhatian publik.

Dengan delapan belas manuver khasnya, dalam setiap penampilannya JAT selalu menjadi idola publik Singapura. “Apresiasi yang kita berikan kepada JAT bukan mengada-ada, karena beberapa dari Kepala Staf Angkatan Udara negara sahabat yang juga hadir di lokasi, memberikan apresiasi tinggi terhadap penampilan JAT,” tambah Kasau.

Pada penampilannya di Singapore Airshow, punggawa JAT terdiri dari mission commander Marsekal Pertama (Pertama) TNI Ir. Novyan Samyoga, Jupiter (J-1) Letkol Pnb H.M “Razor” Kisha (Leader), J-2 Mayor Pnb Idham “Godam” Satria, J-3 Kapten Pnb Dika “Kingkong” Mahendra, J-4 Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, J-5 Letkol Pnb Marcelius “Liger” Kilat Dirgantara dan J-6 Letkol Pnb Frando “Fenec” Marpaung. (AS)

LEAVE A REPLY