JOMBANG,channel-indonesia.com– Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Kodim 0814 Jombang Sertu Herry Pittono Bersama Perangkat Desa, Bidan desa, Karang Taruna dan Masyarakat Desa Gedangan Kec. Sumobito Kab.Jombang melaukan penyemprotan (fogging) nyamuk demam berdarah guna mensukseskan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Senin (15/1/ 2018).

Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Sertu Herry Pittono menjelaskan, bahwa nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.Hal yang penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur, ulasnya.

Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. ” Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Saat ini Dinas Kesehatan Jombang telah melakukan sosialisasi bersih-bersih lingkungan, pemberian abate kepada masyarakat hingga fogging. Peran para jumantik (juru pemantau jentik) di setiap wilayah masing – masing.(Am)

LEAVE A REPLY