Wakil walikota melantik tim Pengerak PKK kota Jayapura periode 2017-2022.(Channel-Indonesia/Resti)

JAYAPURA, Channel-Indonesia.com – Sebanyak 39 orang tim penggerak PKK Kota Jayapura periode 2017 – 2022 secara resmi telah dilantik oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, di Aula Sian Soor, Walikota Jayapura, Jumat (12/1/2018)

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota mengatakan Tim Pengerak PKK Kota Jayapura merupakan mitra pemerintah Kota Jayapura, yang selalu menjalankan fungsi fasilitator, pemberdayaan, penyelenggaraan, pengendalian sehingga perlu dilakukan komunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Tim Penggerak PKK adalah mitra pemerintah kota Jayapura, fungsi dari PKK selalu ada sebagai fungsi fasilitator, pemberdayaan, penyelenggaraan, pengendalian dan ada fungsi pergerakan sejahtera, maka dibangun komunikasi dengan OPD terkait agar semua kegiatan dikolaborasikan,” jelas Rustam Saru.

Untuk itu Sebagai mitra pemerintah kota Jayapura, Ia menghimbau agar tim penggerak PPK dapat mengambil peluang untuk menjadi fasilitator, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggerakan masyarakat untuk memberdayakan kearifan lokal yang dikemas sebagai asesoris cinderamata ole-ole Jayapura, di pasarkan di setiap hotel, mall dan pertokoan.

“Saya minta semua toko, perhotelan, dan mall, semua kearifan lokal yang ada di kota ini, saya minta perhotelan menerima asesoris Papua, sebagai cinderamata ,” imbau Rustan

Kemudian Rustan juga meminta kepada tim pengerak PKK ikut berpartisipasi dalam PON 2020 di Papua, karena ini adalah peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua yang memiliki industri rumah yang dilakukan secara berkesinambungan dan tidak terputus.

“Saya minta PKK memiliki program yang dikolaborasi dengan produk lokal yang telah dikasih harga produknya atau memiliki home industri dan diberikan nama untuk kita tawarkan ke pasaran, apalagi jelang PON 2020, itu semakin banyak permintaan, ini menjadikan peluang pasar, secara kontinue jangan perputus,” pintanya

Sementara itu Ketua PKK Kota Jayapura, Kristhina L. Mano, S.Ip, M.Ap mengatakan, pembentukan Tim Penggerak PPK Kota Jayapura merupakan ibu-ibu yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan, disiplin ilmu, dan berbagai tanggung jawab.

Menurutnya, tim penggerak PKK tidaklah sama dengan organisasi Dharma Wanita, Bhayangkari, atau persit, karna adanya tunjangan. Oleh karena itu, seluruh tim penggerak PKK dari pusat hingga daerah, diamanatkan adalah yang benar benar bekerja dengan hati yang tulus dan ikhlas.

“Tim penggerak PPK adalah tim yang kerja dengan sukarela, jadi ibu-ibu yang jadi tim penggerak PKK selalu sukarela untuk menymbangkan ide pikirannya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ditegaskanya yang harus menjadi perhatian Tim Pengerak PKK kota Jayapura adalah menjalankan 10 Program PKK yang merupakan tugas pokok anggota PKK sehingga salah satu program utama adalah penghayatan dan pengamalan pancasila.

Untuk itu dengan terbentuknya Tim Penggerak PKK Kota Jayapura diharapkan dengan keikhlasan hati dapat melayani masyarakat di Kota Jayapura, dengan keberadaan Tim Penggerak PKK kota Jayapura yang ada di Ibu kota Provinsi bisa menjadi teladan dan terbaik dari Tim Penggerak PKK dari kabupaten lain.

“Kota Jayapura ini satu satunya kota yang ada di provinsi Papua, oleh sebab itu kita dituntut untuk paling tidak lebih sedikit diatas teman-teman kita yang ada di kabupaten diseluruh Papua, oleh sebab itu tim penggerak PKK jangan simpan ilmu,” pungkasnya. (Lka)

LEAVE A REPLY