Channel-indonesia.com – Menutup acara peringatan Hari Jadi ke-68, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) menggelar pengobatan gratis bagi masyarakat di Kawasan Pesapen, Morokrembangan yang diousatkan di Balai Prajurit Lantamal V, Jl. Kalianak Timur, Surabaya, Kamis (4/1/18).

Bakti kesehatan Lantamal V yang dimotori Dinas Kesehatan Lantamal V, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Oepomo Lantamal V dan Puskesmas Krembangan dibuka Wadanlantamal V Kol.Mar.Nana Rukmana mewakili Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M.

Kegiatan bakti kesehatan dalam rangka Hari Jadi Lantamal V ke-68 ini bertujuan mewujudkan kesadaran masyarakat nelayan yang tinggal disekitar Kerembangan tentang upaya kesehatan pencegahan terhadap penyakit baik perorangan maupun lingkungan masyarakat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi pelayanan pemeriksaan laboratorium, pelyanan IVA, pemeriksaan EKG dan pemeriksaan USG. Selain itu ada juga pelayanan tambahan seperti pelayanan bedah minor, khitan, pelayanan kaca mata, penyuluhan kesehatan gigi dan pelyanan kesehatan umum.

Dalam kegiatan bakti sosial kesehatan ini, Dinas Kesehatan Lantamal V memberikan beberapa pelayanan gratis kepada warga masyarakat antara lain melayani pengobatan umum 500 orang, Khitan /sunat 30 orang, Bedah minor 30 orang, KB (pemasangan implant, iud ) 50 orang, Pemeriksaan laboratorium 250 orang, pemeriksaan dan penyuluhan gigi 50 orang anak SD, Pemeriksaan pap smear bagi peserta BPJS dan askes 50 orang dan pelayanan kaca mata baca gratis 150 orang.

Untuk material kesehatan termasuk rumah sakit lapangan, obat obatan, meja geneologi, USG mobil beberapa alat kesehatan iainnya merupakan peralatan yang dimiliki oleh TNI AL namun ada juga tenaga medis yang melibatkan tim dari puskesmas Krembangan.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial kesehatan yang digelar Lantamal V ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat dan diterima baik oleh masyarakat khususnya warga yang tinggal disekitar Lahan TNI AL Pesapen. (Ad)

LEAVE A REPLY