JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Pertemuan seperti ini harus tetap dilakukan dan dilaksanakan, bukan hanya seremonial semata, namun benar-benar dijaga silaturahmi dan dibumikan hubungan TNI-Polri yang baik ini. Untuk itu, simbol kebersamaan TNI dan Polri tetap di jaga dan bukan hanya pada tataran pimpinan, akan tetapi sampai tingkat satuan bawah.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat menerima kunjungan Kepala Kepolisian Nagara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta Pejabat Utama Mabes Polri, bertempat di Ruang Hening, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin sore (11/12/17).

“Pertemuan seperti ini dapat lebih mempererat persahabatan hubungan silaturahmi diantara kita (TNI-Polri), sehingga kegiatan di lapangan semuanya akan lebih mudah. Karena kuncinya koordinasi dan komunikasi,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolri dan berharap pertemuan seperti ini bisa dilaksanakan di kesempatan lainnya. “Saya merasa terhormat bahwa Kapolri dan seluruh pejabat utama Mabes Polri berkenan hadir untuk menyampaikaan ucapan selamat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengajak Kapolri untuk melakukan kegiatan ngopi bareng. “Ada tiga pilihan, ngopi di darat, laut atau udara, ini bisa dikatakan diplomasi kopi atau kita terbang dan ngobrol ringan,” ujarnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa kedepan akan melakukan berbagai kegiatan bersama-sama dengan Kepolisian untuk mempererat hubungan TNI dan Polri. “Pada kesempatan ini, saya minta izin kepada Kapolri untuk singgah di kantor Polisi mana saja,” ucapnya.

“Apabila suatu saat nanti saya kunjungan kerja ke daerah, saya akan mampir ke Polres atau kantor Polisi mana saja, saya sholat dan istirahat di sana,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dihadapan awak media, Panglima TNI mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi seperti ini akan dilaksanakan secara terus menerus agar seluruh prajurit bisa melihat bahwa komitmen TNI-Polri adalah solid. “Kegiatan ini positif, dan akan kita implementasikan dalam kegiatan-kegiatan di wilayah,” jelasnya.

Terkait Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang akan datang, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, bahwa TNI siap membantu Kepolisian dalam hal pengamanan, termasuk dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2018 dan 2019 bahwa TNI dan Polri akan tetap menjaga netralitas. (AS)

LEAVE A REPLY