TANGERANG, Channel-Indonesia.com – Korem 052/Wijayakrama melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam TA. 2017 yang diselenggarakan di Situ Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (14/11/17).

Latihan yang mengambil Tema “Korem 052/Wkr Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Dalam Rangka Operasi Bantuan Kemanusian di Wilayah” di laksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 17 November 2017 yang di ikuti peserta latihan sebanyak 200 personel, yang merupakan para Babinsa se Korem 052/Wkr.

Latihan simulasi penanggulangan bencana alam oleh seluruh peserta latihan seandainya terjadi bencana alam banjir sesungguhnya yaitu mulai dari penyiapan Posko, melaksanakan evakuasi menggunakan LCR serta perawatan dan pelayanan.

Sambutan Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan S.E., M.M., “Semua materi yang telah diterima selama melaksanakan latihan, hendaknya benar-benar dipahami, terus dipelihara, ditingkatkan dan dikembangkan, dengan penuh inovasi dan kreatifitas, sesuai perkembangan situasi yang terjadi. Ini sangat penting, karena kenyataan atau permasalahan aktual di lapangan, selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda”.

Selanjutnya, Danrem 052/Wkr juga menyampaikan, bahwa pemeliharaan, peningkatan dan pengembangan kemampuan serta koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, sehingga kita senantiasa memiliki kesiap siagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi kemungkinan terjadinya bencana alam, agar setiap saat kita siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana.

Adapun pos yang didirikan, Pos Komando pengendalian operasi, Pos kesehatan, Pos Pengungsian, Dapur umum, serta Distribusi bekal, dan setiap Prajurit siap menguasai materi dan mengaplikasikanya.

Menurutnya, latihan ini diharapkan sudah terjalinnya sinergitas antara Prajurit dengan Aparat Pemda setempat, salah satunya latihan yang dilakukan adalah, bagaimana cara mengevakuasi korban, dengan memakai perahu karet serta penyeberangan basah (melintasi air deras) memakai tali. (AS)

LEAVE A REPLY