SURABAYA, Channel-Indonesia.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal), serta Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa (14/11/17).

Pejabat yang diserahterimakan diantaranya Laksamana Muda TNI Darwanto, M.A.P. menggantikan Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaadi sebagai Dankodiklatal, Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. menggantikan Laksamana Muda TNI Darwanto, M.A.P. sebagai Pangarmatim, Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., P.S.C. sebagai Danseskoal menggantikan Laksamana Muda TNI Aru Sukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., serta Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan sebagai Danpuspenerbal menggantikan Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan, serah terima jabatan (Sertijab) di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan proses berkelanjutan dari pembinaan personel. Pergantian pejabat bertujuan untuk mendinamisasikan lingkungan kerja yang terus bergerak adaptif, guna menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

“Serah terima jabatan merupakan bagian dari dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh dan saling terkait, oleh karena itu pergantian personel pada jabatan strategis merupakan sebuah kebutuhan untuk menghasilkan kinerja organisasi yang lebih optimal”, ujar Kasal.

“Tidak dapat kita pungkiri bahwa tantangan tugas TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu semakin kompleks dan berubah secara dinamis, sehingga peningkatan kinerja dan kualitas organisasi merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Untuk itu, kita terus berupaya melakukan perubahan secara positif melalui kerja cerdas yang terarah, terukur dan bertanggung jawab dengan bekerja keras dan senantiasa adaptif terhadap situasi dan kebutuhan organisasi”, lanjut Kasal.

Mengakhiri amanatnya, Kasal memerintahkan kepada seluruh prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut, untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada pejabat baru, agar tugas yang diemban dapat terlaksana dengan lebih baik. “Kepada para istri pejabat yang baru, saya juga menyampaikan selamat dan berharap agar selalu setia mendampingi, seraya berdoa dan memberikan dukungan demi suksesnya pelaksanaan tugas suami,” tegas Kasal.

Sementara itu di hari yang sama, bertempat di Gedung Candrasa Koarmatim, sebelumnya telah dilaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal dari Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. kepada Laksamana Muda TNI Aru Sukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal) dari Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. kepada Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Kepala Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kadisdikal) dari Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., P.S.C. kepada Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., dan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut (Kadislitbangal) dari Laksamana Pertama TNI Ir. Arief Maksum kepada Laksamana Pertama TNI Moelyanto, M.Si.(Han).

Pada upacara sertijab di Armatim, dimeriahkan dengan tarian kolosal gabungan Kowal, ASN dan ibu-ibu Jalasenastri. Selain itu, juga ditampilkan fly pass Bonanza G36 dari Puspenerbal, dilanjutkan upacara defile dari Gabungan 1 Kompi Pamen, Gabungan 1 Kompi Pama, 1 Kompi Kowal, 1 Kompi Pasukan Khusus, 1 Batalyon Koarmatim, 1 Batalyon Marinir, 1 Batalyon Kodiklatal, 1 Batalyon Seskoal, 1 Batalyon Puspenerbal, dan 1 Kompi Pomal, serta 1 Kompi ASN Wilayah Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum., Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, para Asisten Kasal, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, dan Pejabat terkait lainnya, serta Pengurus Pusat Jalasenastri. (AS)

LEAVE A REPLY