AMBON, Channel-Indonesia.com – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon melaksanakan upacara memperingati hari Pahlawan tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lantamal IX yang dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Asisten Intelijen Danlantamal IX Kolonel Marinir Said Latuconsina, M.M., M.T., dan Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (T) Teguh Setiyawan, Ambon, Jum’at (10/11/17).

Menteri Sosial RI Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 November, kita seluruh bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan Perintis Kemerdekaan dengan konsep pemikiran tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan.

Di akhir pidatonya, Menteri Sosial RI mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Dalam rangkaian pelaksanaan upacara di Lantamal IX, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Undang Undang Dasar 1945 dan pembacaan pesan – pesan perjuangan para pahlawan nasional, salah satunya adalah Pahlawan Nasional asal Maluku yakni Pattimura, bahwa “Pattimura – Pattimura tua boleh di hancurkan, tetapi kelak Pattimura – Pattimura muda akan bangkit”.

Di waktu yang bersamaan, Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E., M.Tr. (Han) bersama dengan pimpinan TNI – Polri dan instansi lainnya, melaksanakan upacara ziarah nasional dan tabur bunga memperingati hari Pahlawan Nasional tahun 2017 di Taman Makam Pahlawan kawasan Kapahaha, Kec. Sirimau, Kota Ambon sebagai wujud penghormatan terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mendharma-baktikan jiwa raga kepada bangsa dan negara. (AM)

LEAVE A REPLY