PADANG, Channel-Indonesia.com – KRI Bima Suci-945 menggelar upacara dalam rangka memeringati Hari Pahlawan, sekaligus melaksanakan tabur bunga yang dipimpin selaku inspektur upacara (Irup) oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., dari atas KRI Bima Suci yang berlayar di perairan sekitar Padang, Sumatera Barat, Jum’at (10/11/17).

Pada kesempatan ini, bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Letkol Mar Bastian Setya Laksana Putra, S.E yang sehari-hari menjabat sebagai Danyonmarhanlan II Padang.

Bertolak dari dermaga 4 Teluk Bayur Padang, KRI Bima Suci-945 berlayar untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dengan dikawal oleh 3 (tiga) kapal lainnya yaitu KRI Yos Sudarso-353, KP Nagari dari Polairud Polda Sumbar, dan KN SAR Yudhistira dari BASARNAS.

KRI Bima Suci merupakan Kapal Layar Latih terbaru milik TNI AL yang baru saja melaksanakan pelayaran dari kota Vigo di Spanyol sejak 18 September 2017. KRI Bima Suci-945 membawa 119 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang melaksanakan Kartika Jala Krida Tahun 2017, dan baru saja tiba di Padang pada tanggal 8 November lalu.

Dikatakan oleh Asops Kasal usai pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan bahwa, dipilihnya Padang sebagai persinggahan pertama KRI Bima Suci saat masuk wilayah Tanah Air karena Padang memiliki ikatan historis yang kental dengan TNI AL, dimana Sumatra Barat khususnya Pariaman pernah dijadikan sebagai Markas Angkatan Laut Pangkalan Besar Pariaman pada masa perjuangan mempertahankan Kemerdekaan.

“Tentunya dengan kehadiran KRI Bima Suci dan Taruna AAL di Padang, kami berharap dapat memberikan motivasi generasi muda Ibu Kota Sumatera Barat ini untuk bergabung dengan TNI AL, selain itu juga gelombang laut Samudera Hindia yang dikenal menantang dapat menjadi pembelajaran para Taruna dalam praktek layarnya dengan Kapal Layar Latih terbaru TNI AL KRI Bima Suci”, ungkap Asops Kasal.

Usai melaksanakan kegiatan memperingati Hari Pahlawan, pada kesempatan ini juga, Asops Kasal beserta para pejabat lainnya antara lain Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Brigadir Jenderal TNI Mar Suhono, Kepala Staf Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. beserta pejabat terkait lainnya melaksanakan kunjungan ke Monumen Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Sumatera Barat. (AS)

LEAVE A REPLY