JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Malam penganugerahan MIPI Awards 2017 kepada Kepala Daerah yang terpilih dalam seleksi Tim Juri MIPI, diantaranya Bupati Agam Sumbar, Indra Catri, MSP Dt. Malako Nan Putiah.

Penganugerahan Malam Awards MIPI 2017 ini diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum MIPI (Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia) M. Ridho Fichardo di Hotel Grand Sahid Jakarta, Sabtu (04/11/17).

Bupati Agam, Indra Catri menyatakan senang mendapatkan penghargaan Awards dari MIPI. Karena menurutnya itu berarti sebagai bukti bahwa Bupati Kabupaten Agam Sumatera Barat, beliau telah ikut mendorong kemajuan ilmu tentang pemerintahan dan ini sebagai perjalanan yang panjang sebagai birokrat mengabdi selama kurang lebih 30 tahun di pemerintahan.

“Saya sebagai Bupati Kabupaten Agam sudah 7 tahun. Penghargaan berupa Awards dari MIPI ini baru pertama kali saya terima,” ungkapnya.

Menurutnya, hal yang paling penting saya lakukan selama menjabat sebagai Bupati Agam sebagai prioritas pertama adalah pembinaan pegawai di kepegawaian karena itu penting. Ada ungkapan bahwa segala sesuatu itu ada ilmunya, jadi mengelola pemerintahan juga dengan ilmu.

“Kita pakai ilmu pemerintahan untuk melaksanakan program-program yang sudah kita rancang. Merancang pembangunan fisik itu mudah, merancang pembangunan rekayasa sosial itu mudah, tetapi melaksanakan kalau pemerintahannya tidak ada, maka itu akan sulit untuk diinplementasikan. Nah disinilah ilmu pemerintahan itu menunjukkan makna yang sesungguhnya,” paparnya.

Ketika ditanyakan apakah ada kendala dalam pelaksanaanya, menurutnya, tidak ada kendala kalau kita belajar terus dan kita juga dibantu oleh staf-staf yang punya kemampuan yang cukup dibidang pemerintahan dan juga punya staf yang senior dan mereka memback up kita. Yang penting kita mau mengolahnya dan mau memanfaatkan ilmu pemerintahan itu.
Terkait dengan project yang tengah dilaksanakan di kabupaten Agam, menurut Indra Catri, project yang dilaksanakan banyak sekali.

” Karena daerah kami sedang melaksanakan pembangunan fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan dan mengurangi masyarakat miskin dan pembangunan sosial sekarang ini yang sedang diprioritaskan dengan seksama oleh Kabupaten Agam adalah Program Kesalehan Sosial,” jelasnya.

Bupati Agam, Indra Catri kembali menegaskan bahwa bagaimana meningkatkan kesalehan sosial dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan itu sangat penting. (Mistqola)

LEAVE A REPLY