Kol Inf Dwi Anggono usai melepas Tim Ekspedisi NKRI 2017 di Pelabuhan Merauke menuju Jakarta. (Ist)

MERAUKE, Channel-Indonesia.com – Koordinator Ekspedisi NKRI Kolonel Inf Dwi Anggono menjelaskan pihaknya sangat berterimakasi kepada seluruh masyarakat Merauke, Mindiptana, Asmat, Mappi, Boven Digul, Tanah Merah yang telah membantu para Tim Ekspedisi NKRI 2017 koridor Papua Selatan dalam menjalankan tugasnya.

Hal tersebut dikatakan Dwi Anggono saat melepas ribuan Tim Ekspedisi NKRI 2017 bertolak ke Jakarta menggunakan KRI Surabaya 591 di Pelabuhan Merauke, Papua Selatan, Minggu (5/11/2017).

Anggono juga sangat mengapresiasikan keramahtamahan masyarakat dalam menerima kedatangan tim ekspedisi. Selama 3 bulan tim ekspedisi bertugas sudah sangat dekat, hal tersebut terlihat ketika saat tim ekspedisi di setiap subkorwil akan berpamitan karena telah selesai bertugas.

” Kami sangat terharu, ketika kami berpamitan, mereka memluk kami sambil menitikkan air mata, hati kami sudah dekat dan mereka menganggap kami melebihi saudara,” cerita Kolonel Dwi Anggono.

Tangispun tak terhindarkan ketika tim ekspedisi mulai beranjak pergi meninggalkan wilayah tugasnya.

Dikatakan Dwi Anggono, hasil dari tugas tim ekspedisi ini nantinya akan diserahkan kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Untuk pemerintah daerah, lanjut perwira baret merah ini, telah diserahkan laporan tertulis sehari sebelum tim berangkat pulang ke Jakarta.

Laporan laporan yang diserahkan tersebut berupa hasil penelitian berupa flora, fauna, budaya, hasil tambang, serta hasil penjelajahan di kampung kampung setiap subkorwil.

Laporan tersebut juga terdapat tentang geologi, yaitu ditemukannya galian galian tambang yang sangat tradisional di mindiptana dan Mappi.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Tim Ekspedisi Subkorwil-2/ Mappi Kapten Inf Pardol mengatakan masyarakat Mappi sudah menjadi saudara bagi dirinya dan timnya, yang tetap akan selalu bersaudara untuk selamanya.

” Kita menjadi saudara tak pernah putus seperti air mengalir di Mappi,” ungkap Kapten Pardol saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Minggu (5/11/2017).

Komandan murah senyum ini berharap semoga Mappi bisa terkenal dengan temuan temuan tim ekspedisi ini.

Ditambahkannya, tim yang dipimpinnya telah menemukan sejumlah temuan temuan yanng sangat bermanfaat bagi warga Mappi. Dari temuan ini diharapkan Mappi dapat langsung mengeksplore kekayaan yang terkandung di wilayah sejuta rawa ini.

Temuan tersebut dianatarnya adalah bidang kehutanan benyaknya kayu gambir yang dapat sebagai mata pencaharian masyarakat, untuk geologi ditemukannya batu besi, sedangkan flora fauna ditemukan tumbuh tumbuhan anggrek hutan rawa dan binatang kodok rawa.

Selain itu Subkorwil Mappi juga melakukan pengabdian masyarakat pebura pengobatan massa, dan penanaman pohon serta melakukan perbaikan disejumlah fasilitas. (Lk)

LEAVE A REPLY