KRI Surabaya saat tiba di pelabuhan Merauke. (channel-indonesia/AM)

MERAUKE, Channel-Indonesia.com – Setelah beberapa hari melaut, akhirnya Kapal KRI Surabaya 591 telah tiba di Pelabuhan Merauke, Papua Selatan, Sabtu (4/11/2017) sore.

Kapal KRI Surabaya yang di komandani Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat  lulusan  Sepa PK V/1998 ini akan membawa ribuan peserta Tim Ekspedisi NKRI 2017 yakni yang terdiri dari subkorwil Asmat, subkorwil Mappi, subkorwil Tanah Merah, subkorwil Mindiptana dan subkorwil Merauke kembali ke Jakarta.

Rencananya rombongan kapal ini berangkat ke Jakarta Minggu (5/11/2017) besok, pukul 12.00 WIT. Seluruh tim ekspedisi ini nantinya akan menghadiri penutupan Ekspedisi NKRI 2017 koridor Papua Selatan yang rencananya akan digelar pada tanggal 20 Nopember 2017 di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat  menambahkan  KRI Surabaya 591 ini akan menempuh perjalanan selama 11 hari dan akan singgah di Pelabuhan Makassar, beberapa jam yang kemudian akan kembali melaut ke Jakarta.

Ekspedisi NKRI tahun ini merupakan yang ketujuh kalinya digelar. Ekspedisi tak hanya diikuti oleh anggota TNI, tetapi juga kepolisian, organisasi pemuda, akademisi, dan berbagai kelompok masyarakat.

Dipilihnya koridor Papua bagian selatan untuk ekspedisi tahun ini disebabkan wilayahnya yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman budaya. Mengusung tema Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia, ekspedisi kali ini diharapkan dapat mendorong seluruh komponen bangsa, khususnya generasi muda, untuk lebih mengenal Indonesia dengan berbagai keragaman hayati dan sosialnya, agar kecintaan terhadap tanah air semakin meningkat.

Hasil ekspedisi tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik yang menyangkut ilmu pengetahuan maupun untuk mendukung pengambilan kebijakan oleh pemerintah.

Untuk diketahui, ekspedisi NKRI sudah digelar 7 kali. Tahun pertama yaitu Ekspedisi Bukit Barisan 2011, lalu Ekspedisi Khatulistiwa 2012, Eskpedisi Sulawasi 2013, Maluku dan Maluku Utara 2014, Nusa Tenggara dan Bali 2015, Papua Barat 2016, dan tahun ini Ekspedisi Papua Bagian Selatan 2017. (AM/Lk)

LEAVE A REPLY