Dantim jelajah eskpedisi Lettu Andre mendapat cindramata dari Suku Digi. (Ist)

MERAUKE, Channel-Indonesia.com – Sepuluh anggota Tim jelajah dari Ekspedisi NKRI 2017 Subkorwil 4/ Mindiptana yang dikomandani Lettu Inf Andre Algafar Saputra dari Batalyon 14 Grup-1 Kopassus ini mendapatkan cindramata dari Kepala Suku Digi Manu Gibin berupa mata uang Papua Nugini (PNG) senilai 100 Kina, Sagu, dan Noken.

Kepala Suku Manu Gibin sangatlah terharu melihat kedatangan 10 tim jelajah yang terdiri dari Serda Nurma, Serda Andre, Praka Sahid, Praka Heru, Praka Deny, Pratu khalista, Prada Arif, Prada Yakobus, dan Prada Ardy.

Dantim jelajah Lettu Inf Andre Algafar saputra mengatakan pemberian cindramata tersebut lantaran seluruh masyarakat Suku Digi sangat senang dengan kedatangan tim ke kampung mereka. Dikarenakan mereka tidak ada yang bisa dikasih kepada tim kami, kemudian Kepala Suku Digi memberikan uang PNG. Pemberian cindramata tersebut dilakukan dua kali yaitu ketika awal pertama tim jelajah datang dan yang kedua ketika tim jelajah pamit setelah selesai tugas yang berbarengan dengan penyerahan logistik oleh Kabagpamops yang datang dengan menggunakan helikopter karena medan lokasi perkampungan yang sangat sulit dijangkau.

Suku Digi bersama tim jelajah ekspedisi. (Ist)

” Mereka senang kami datang, dikarenakan menurut pengakuan mereka, kampungnya belum pernah ada kunjungan pemerintah apalagi dari pemerintah pusat ke Kampung Digi,” jelas Lettu Andre saat saat dikonfirmasi channel-indonesia.com melalui pesan singkatnya, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Lettu Andre, Kepala Suku Digi juga sangat bersyukur dan sangat berharap besar agar ada bantuan pemerintah untuk kemajuan Kampung Digi.

Setelah menempuh jalan beberapa hari melewati hutan dan jalan yang terjal dan licin ini tim jelalah akhirnya tiba di Kampung Digi yaitu kampung terpencil yang berada di lembah perbatasan antara NKRI dengan Papua Nugini (PNG) tepatnya di wilayah perbatasan patok MM 72. Saat awal kedatangan dengan dipandu oleh masyarakat setempat, tim yang dipimpin Lettu Andre ini berhasil diterima oleh warga Suku Digi, tim jelajah pun disambut dengan sukacita. Sebagai tanda diterimanya tim oleh warga Suku Didi, kemudian tim diberikan sagu dan noken serta mata uang Papua Nugini (PNG) senilai 100 kina.

Tim jelajah memberikan beras kepada warga Digi. (Ist)

Usai penyambutan, tim jelajah pun gerak cepat langsung membaur memberikan penyuluhan kesehatan, memberikan pangan, dan melakukan pengabdian masyarakat berupa pengobatan massa, mendata dan mengambil informasi. Tim jelajah selama 7 harti berada di Kampung Gigi ini.

Tim jelajah ekspedisi selalu melakukan dialog dan penyuluhan kepada warga Suku Digi.(Ist)

 

” Warga kampung berharap ada perubahan terhadap kampungnya setelah tim ekspedisi datang disana.” imbuh Dantim jelajah ini. (Lk)

LEAVE A REPLY