TANGERANG, Channel-Indonesia.com – Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Muchammad Richad, SH, MM memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 TA 2017 wilayah Kodim 0506/Tgr , di Lapangan Kecamatan Kresek Jl. Syech Nawawi Desa Kresek Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, Tangerang,. Kamis (26/10/17).

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono sebagai penanggung jawab opersional TMMD ke-100 Tahun 2017 yang dibacakan Danlantamal III Laksma TNI Muchammad Richad, SH, MM mengatakan, TMMD yang dulunya bernama ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan wujud sinergitas antara prajurit TNI, Aparatur pemerintah, dan elemen masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini.

“Selama satu bulan sejak tanggal 27 September 2017, para prajurit TNI, Pemerintah Daerah, dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-100 tahun 2017. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini,” sebut Kasad dalam amanatnya.

Di samping itu, Kasad juga meyakinkan bahwa program TMMD ke-100 tahun 2017 memang dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mempercepat pembangunan di daerah terpencil, terisolir, dan terbelakang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan kemanunggal TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Lebih lanjut Kasad Jenderal TNI Mulyono menyampaikan beberapa atensi dan harapan pada program TMMD ke-100 sebagai berikut:

Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik,” lanjutnya.

Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Keempat, kepada Dansatgas TMMD ke-100, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan TMMD di masa yang akan datang.

Kelima, para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Diakhir amanatnya, Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD ke-100 Tahun 2017 mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. (AS)

LEAVE A REPLY