KEDIRI,Channel-Indonesia.com-Upaya pencegahan dini dari penyakit kanker servik dilakukan Bhayangkari Polres Kediri bersama Persit Kartika Chandra Kirana Kodim Kediri dengan sosialisasi dan pemeriksaan. Sosialisasi maupun pemeriksaan deteksi dini kanker servik ini berlangsung di RS HVA Pare Kediri, Kamis (19/10/2017).

Sebagai pembicara pada sosialisasi ini, dr.Saraswati mengingatkan agar ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Persit KCK maupun Bhayangkari tidak sungkan-sungkan atau malu-malu melakukan pemeriksaan. Karena pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari deteksi dini kemungkinan-kemungkinan indikasi kanker sevik.

“Ibu-ibu harus aktif menjaga kesehatan. Bila memang ada waktu, silahkan melakukan pemeriksaan. Kanker servik tidak bleh disepelekan, harus ada upaya deteksi dini sebelumnya. Deteksi dini ini juga merupakan upaya pencegahan paling efektif. Bila ada hal yang kurang informasi atau pengetahuan, bisa langsung konsultasi untuk mencari jawaban tentang kanker servik,” tutur dr.Saraswati.

Menanggapi hal tersebut, Ny.Rudita Puspitasari selaku Ketua Persit KCK Kodim Kediri menghimbau agar seluruh anggotanya untuk sadar akan pentingnya pemeriksaan indikasi kanker servik. Menurutnya, pemeriksaan kanker servik tidak harus berbondong-bondong atau terkoordinasi, pemeriksaan bisa dilakukan perorangan atas kesadaran menjaga kesehatan diri sendiri.

“Apa yang dikatakan bu dokter memang betul adanya, kita harus sadar betapa pentingnya pemeriksaan kanker servik. Pemeriksaan kanker servik bisa juga dilakukan perorangan ,tidak harus berkelompok. Pemeriksaan kanker servik sangat penting, jangan sampai kita lalai menjaga kesehatan kita,” kata Ny.Rudita Puspitasari pada kesempatan bicaranya.

Bersamaan dengan sosialisasi deteksi dini kanker servik, pemeriksaan kanker servik juga dilakukan hari itu juga dan diikuti anggota Bhayangkari Polres Kediri dan Persit KCK Kodim Kediri. Sebelumnya acara serupa juga sudah dilakukan dan lokasi atau tempat pelaksanaannya sendiri berlangsung di RS DKT Kediri.(Am)

LEAVE A REPLY