JAKARTA,Channel-Indonesia.com– Seusai mengikuti kirab budaya dari Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam Xsebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2017-2022 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/10) sore.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden 107/P tahun 2017 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta 2012-2017 dan Pengesahan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta 2017-2022 tanggal 6 September 2017.

Acara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya diiringi oleh korps musik Paspampres. Kemudian, pembacaan Surat Keputusan Presiden serta pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Sri Sultan Hamengkubuwono dan KGPAA Paku Alam X mengikuti sumpah yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Upacara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden, Gubernur, dan Wakil Gubernur di meja penandatanganan. Suasana pelantikan yang berlangsung khidmat ini kemudian ditutup dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya diiringi oleh korps musik Paspampres.

Setelah itu Presiden bersama Ibu Iriana Joko Widodo kemudian memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, yang diikuti oleh para tamu undangan yang hadir.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua DPD Oesman Sapta Oedang, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri PAN RB Asman Abnur.(Awan)

 

LEAVE A REPLY